Sosial

Bupati Jufri Lantik Belasan Anggota MPU Abdya

ACEHTERKINI.COM | Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) Ir Jufri Hasanuddin MM melantik belasan anggota Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kabupaten Abdya, Jum’at (20/5/2016) di Aula Mesjid, Komplek Perkantoran Abdya.

Dalam pelantikan itu, Tgk Muhammad Dahlan Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Assalafiyyah Alwaliyyah, Desa Pusu Ingin Jaya, Kecamatan Manggeng, ditetapkan sebagai Ketua MPU, setelah terpilih pada saat acara Musyawarah Daerah (Musda) ke III pada Selasa (26/4) lalu di Blangpidie. Kemudian sebagai Wakil Tgk Zarkasyi Ibrahim dan Drs H Tgk Asnawi MY yang keduanya merupakan pengurus lama dalam MPU Abdya.

Bupati Jufri Lantik Belasan Anggota MPU Abdya

Selain itu, para anggota yang dilantik yakni, Tgk Muhammad Tulot, Tgk Abdul Salam, Tgk Zainuddin Syam, Tgk Jalaluddin, Tgk Basyaruddin, Tgk Salahuddin, Tgk Nasruddin, Tgk Mahyiddin,  Tgk Husen Yus, Tgk Junaidi Rais, Tgk Raimi Sulaiman, Tgk Dastur Syam, Tgk Ahmad Azhar Hasan, Tgk Muhammad Aminuddin, Tgk Saridin Sulsi, dan Tgk Ibnu Sa’dan BHD yang juga merupakan pimpinan dan guru di sejumlah Ponpes di Abdya.

Sembilan belas anggota MPU tersebut ditetapkan sesuai dengan keputusan dari Bupati Abdya Nomor 323 Tahun 2016 tanggal 20 Mei 2016 atau 13 Sya’ban 1437 H tentang penetapan pimpinan dan anggota MPU Kabupaten Abdya masa bakti 2016-2021.

Dalam sambutan pelantikan pengurus MPU Abdya, Bupati Jufri Hasanuddin menyampaikan, pemerintah Abdya menyambut baik atas terlaksananya pelantikan ini. Sebagai mitra kerja pemerintah, eksitensi MPU sangatlah penting dalam rangka pembinaan umat kedepan, sebagai remot kontrol kinerja pemerintah kabupaten dalam memberikan fatwa hukum, saran serta masukan dan nasehat berkaitan dengan pembangunan kebijakan daerah.

Melihat besarnya peran dari ulama, kehadiran MPU bukan hanya dapat memberikan masukan dan nasehat dibidang keagamaan saja, akan tetapi lebih dari itu, peran MPU juga sangat diharapkan dalam pembangunan, baik itu yang berdimensi ekonomi maupun sosial kemasyarakatan.

“Untuk itu, kami mengajak para pengurus MPU yang baru saja dilantik dan para ulama di Kabupaten Abdya, untuk bersatu dan bersama-sama, menyelesaikan semua persoalan yang dihadapi oleh umat Islam di kabupaten ini,” kata Bupati Jufri.

Namun demikian, pemerintah sangat percaya bahwa kepengurusan MPU yang baru saja dilantik mampu bekerja dengan baik, iklas dan terlibat lansung dalam menyelesaikan berbagai persoalan yang terjadi ditengah masyarakat Abdya saat ini.

“Kehadiran ulama, senantiasa sangat dibutuhkan masyarakat, pada hakikatnya ulama merupakan milik semua orang, nasehat dan bimbingannya setiap waktu kita harapkan demi kemaslahatan kita bersama terlebih dalam upaya menegakkan syariat Islam secara kaffah dalam aspek kehidupan sehari-hari,” tutur Jufri singkat. (Rizal)

To Top