Sosial

Beli Tanah Kuburan, Warga Minta Kepala Desa Di Copot

ACEHTERKINI.COM | Ratusan Masyarakat Kampung Kilangan kecamatan Singkil, Kabupaten Aceh Singkil, menggelar aksi demonstrasi ke kantor bupati setempat menuntut agar Kepala Desa Kampung Kilangan di copot karena melakukan pembelian Tanah Pemakaman Umum (TPU) atau tanah kuburan yang telah dihibahkan masyarakat. Aksi tersebut digelar, Jum’at (20/5/2016).

Dalam aksi itu para demonstran turut serta membawa keranda serta replika nisan dari bahan triplek. Bahkan diantara para demonstran turut serta mengenakan  kain kafan.

Kordinator Aksi, Nazri, dalam orasinya menjelaskan Tempat Pemakaman Umum (TPU) yang telah diganti rugi dengan mengunakan dana APBdes tahun 2015 itu sebelumnya sudah mendapat putuskan dari pengadilan, jika tanah TPU itu merupakan tanah TPU warga kampung Kilangan.

Beli Tanah Kuburan, Warga Minta Kepala Desa Di Copot
Aksi warga Kampung Kilangan, Aceh Singkil

“Kami baru mengetahui jika tanah TPU ini telah dibeli dengan menggunakan dana desa sekira Rp.100 juta kepada penggugat yang telah kalah di pengadilan,” sebut Nazri.

Ia juga menjelaskan tanah yang telah dibeli oleh desa Kilangan ini bukan senilai Rp.100 juta sesuai yang dianggarkan, melainkan dana yang di bayarkan kepada pengugat yang telah kalah di persidangan senilai Rp. 47 juta.

Mendengar tuntutan itu, Bupati Aceh Singkil, Safriadi berjanji akan memanggil kepala desa yang bersangkutan.  “Saya akan menindak permasalahan pembelian tanah kuburan di kampung Kilangan Kecamatan Singkil,” ujar bupati.

” Aspirasi bapak-bapak telah saya terima dan akan segera saya tugaskan pihak- pihak terkait guna menelusuri dan menindak lanjuti permasalahan ini hingga tuntas,” sebut Safriadi saat menangapi tuntutan para pendemo asal warga Kampung  kilangan, Jum’at (20/5/2016).

Secara terpisah wartawan acehterkini di Aceh Singkil tidak berhasil melakukan konfirmasi kepada Kepala Desa Kampung Kilangan. Hingga berita ini diturunkan upaya konfirmasi masih akan terus dilakukan. [Jamaluddin]

To Top