Sosial

Warga Aceh Singkil Gotong Royong Bangun Rumah Indra Ginting

ACEHTERKINI.COM | Sikap kepedulian sosial yang ditunjukan masyarakat di Kabupaten Aceh Singkil patut diacungkan jempol. Gerakan sosial yang dibangun warga Desa Sukadamai, Kecamatan Singkil sudah sepatut dan selayaknya mendapatkan apresiasi.

Pasca kebakaran rumah warga dusun II Desa Suka Damai ini, Sabtu (26/3/2016), spontan saja mendapat bantuan dari warga setempat dengan bahu membahu membangun rumah Indra Ginting (30).

Ternyata, korban rumah terbakar tidak dibiarkan terlantar begitu saja oleh masyarakat setempat.
Sebaliknya, masyarakat beserta perangkat desa dan Babinsa ikut mengalang dana, guna untuk membantu meringankan beban Indra dan keluarga.

Warga Aceh Singkil Gotong Royong Bangun Rumah Indra Ginting
Warga Suka Damai, Aceh Singkil bergotong royong membangun rumah Indra Ginting (Jumat : 1/4/2016)

Hasilnya, upaya yang dilakukan tersebut ternyata telah membuah hasil, dimana seminggu setelah kejadian masyarakat bukan hanya sekedar mengalang dana saja. Tetapi, masyarakat Suka Damai di bawah komando kepala desa secara bersama-sama melakukan pembangunan rumah darurat buat Indra dan keluarganya.

” Bangunan yang didirikan ini adalah hasil sumbangsih warga,” Kata Kepala Desa Suka Damai, Arifin Jum’at (1/04/2016) disela-sela kegiatan gotong royong.

Aripin menjelaskan,biaya yang timbul untuk pembangunan rumah darurat/sementara itu dibangun secara swadaya oleh masyarakat. “Seluruh biaya yang timbul diperoleh dari hasil penggalangan dana dari rumah ke rumah warga dan bantuan dari sumbangan para penguna Jalan lintas Rimo – Singkil selama sepekan,” jelasnya.

Menurut Aripin, pada saat kebakaran terjadi, pemilik rumah sedang tidak ditempat, bahkan pemilik rumah baru mengetahui rumahnya terbakar saat pulang dari rumah mertuanya.

“Begitu pemilik rumah pulang yang bersangkutan mendapatkan rumahnya telah rata dengan tanah, bahkan barang-barang berharga milik korban kebakaran juga tidak ada satupun yang dapat diselamatkan,” ungkapnya.

Aripin menyebutkan, saat kebakaran terjadi para tetangga dan sejumlah masyarakat tetangga lainnya ikut berupaya melakukan pemadaman, tapi api nya semakin membesar sehingga sangat sulit untuk dipadamkan.

“Saat kebakaran terjadi, Bupati Aceh Singkil yang sedang melintas sempat turun dan langsung menghubungi pihak pemadam, bahkan yang bersangkutan juga ikut berupaya bersama-sama  mengarahakan warga dalam hal memadamkan api,” terang Kades.

Secara terpisah, Indra Ginting menyampaikan terima kasih yang tak terhingga kepada warga setempat. Ia mengaku menerima bantuan masa panik dari Dinsosnakertrans, BPBD dan dari pihak kecamatan. [Jamaluddin]

To Top