Hukum

Penembak Umat Islam di Aceh Singkil Divonis 6 Tahun Penjara

ACEHTERKINI.COM | Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Singkil menjatuhi hukuman terhadap terdakwa, Hotma Uli Natanael Tumangger 6(enam) tahun penjara dan menetapkan masa penangkapan dan penahanan yang telah dijalani oleh terdakwa dikurangkan seluruhnya dari pidana yang dijatuhkan serta memerintahkan terdakwa agar tetap berada dalam tahanan.

Hotma Uli Natanael Tumangger als Wahed bin STL Tumangger telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana secara terang-terangan dan dengan tenaga bersama melakukan kekerasan terhadap orang yang mengakibatkan kematian dan tanpa hak mempergunakan senjata api.

Penembak Umat Islam di Aceh Singkil Divonis 6 Tahun Penjara
Sidang Putusan Terdakwa Hotma Uli Natanael, [Jamal]

Dalam sidang putusan yang digelar Kamis (21/04/2016), majelis hakim yang dipimpin oleh Hakim Ketua  As’ad Rahim Lubis,SH.MH menyebutkan terdakwa Hotma Uli Natanael Tumangger  telah melanggar pasal 170 ayat (1) ke-3 KUHP dan pasal 1 ayat (1) Undang-Undang Darurat Nomor 12 tahun 1951 tentang senjata Api, Undang-Undang Nomor 8 tahun  1981 tentang KUHAP serta ketentuan lainnya yang berkaitan dengan perkara dimaksud.

Hukuman yang dijatuhkan oleh majelis hakim PN Singkil itu sama dengan tuntutan yang dimohonkan oleh Jaksa Penuntut Umum  (JPU) dari Kejaksaan Negeri Aceh Singkil.

Menyikapi putusan majelis hakim tersebut, terdakwa Hotma Uli Natanael Tumangger als Wahed bin STL Tumangger setelah berkoordinasi dengan penasehat hukum.

Terdakwa didalam persidangan langsung menyatakan banding atas putusan yang telah dibacakan oleh  majelis Hakim di Pengadilan Negeri Singkil.

Dalam sidang dengan agenda putusan ini turut serta dihadiri puluhan orang dari keluarga atau kerabat terdakwa yang mendapatkan pengawalan ketat dari Pihak Kepolisian Resort Aceh Singkil.  [Jamaluddin]

To Top