Nasional

Jelang Ujian Nasional, Ini Pesan Menteri Pendidikan RI

ACEHTERKINI.COM | Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan, menyarankan siswa dan orangtua menghadapi ujian nasional (UN) secara rasional pada Senin (4/4/2016) pekan depan. Mendikbud meminta orangtua menciptakan kondisi tenang di rumah menjelang dan selama siswa menghadapi UN.

“Jangan tegang menghadapi UN, ujian harus disikapi secara rasional. Mulai sekarang, sampai saat UN, jangan forsir diri untuk belajar. Istirahat cukup dan penuhi asupan gizi,” ujar Anies, Jumat (1/4/2016).

Jelang Ujian Nasional, Ini Pesan Menteri Pendidikan RI
Anies Baswedan

Dia menambahkan agar para orangtua juga mendukung siswa selama UN berlangsung. Orangtua dan keluarga diminta menjaga ketenangan dan kenyamanab rumah selama pelaksnaan UN 2016. Menurut Anies, siswa-siswi pun tidak perlu khawatir berlebihan dalam menjalani UN. Sebab, persiapan UN 2016 sudah lebih baik dari sebelumnya.

Bagi mereka yang nantinya berkeinginan memperbaiki nilai UN, tetap diberi kesempatan pada Agustus 2016. Hasil UN nantinya berupa nilai angka dan indeks integritas sekolah. Adapun nilai UN akan dijadikan salah satu penentu saat siswa melanjutkan ke perguruan tinggi. Kelulusan siswa ditentukan oleh ujian sekolah.

UN untuk tingkat SMA/sederajat dan SMK/sederajat akan dilaksanakan secara serentak mulai Senin (4/4) mendatang. UN tingkat SMP/sederajat dimulai pada 9 Mei mendatang. Sebanyak 7,6 juta siswa SMP/sederajat, SMA/sederajat dan SMK/sederajat akan mengikuti UN 2016. UN 2016 diselenggarakan dalam dua cara, yakni ujian nasional berbasis komputer (UNBK) dan ujian nasional berbasis kertas. [Rol]

To Top