Sosial

Anggota DPRA Asal Abdya Sosialisasikan Bahaya Narkoba

ACEHTERKINI.COM | Sekretaris Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), Siti Nahziah SAg, melakukan sosialisai kepada sejumlah masyarakat di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) tentang dampak dan bahaya penyalahgunaan narkoba.

Kegiatan yang berlangsung, Kamis (14/4/2016) sampai dengan Minggu (17/4/2016) itu, akan berlansung dibeberapa tempat, salah satunya di Kecamatan Setia, tepatnya di Desa Lhang. Selajutnya anggota DPRA dari Partai Aceh (PA) tersebut juga akan melakukan penyerapan aspirasi masyarakat (Rises) terkait masalah narkoba ke Kecamatan Lembah Sabil dan Manggeng.

Dikatakan Siti Nahziah, sosialisasi bahaya narkoba dilaksanakan atas dasar keprihatinan terhadap tingginya penggunaan narkoba di kalangan pelajar Aceh termasuk Abdya serta kurangnya pengawasan dan wawasan dari orang tua terhadap barang terlarang itu.

Anggota DPRA Asal Abdya Sosialisasikan Bahaya Narkoba
Siti Nahziah

“Kami sangat prihatin atas maraknya penggunaan narkoba di kalangan pelajar. Maka dalam hal ini saya seperti terpanggil untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bahaya menggunakan narkoba terutama bagi pelajar,” tuturnya.

Menurutnya, keluarga merupakan benteng pertahanan pertama untuk membangun mental yang kuat terhadap ancaman narkoba. Karena itulah, orang tua harus diberikan pemahaman yang benar tentang masalah narkoba.

Ditambahkan, untuk mewaspadai dan meminimalisir penggunaan narkoba di kalangan pelajar, pihaknya telah membuat qanun tentang wajib tes urine bagi pelajar yang akan melanjutkan pendidikan ke tingkat SMA sederajat. Memang terobosan itu agak sedikit berat jika diterapkan, namun cara itu tergolong mampu menghindari pelajar dari bahaya narkoba.

“Qanun itu akan berlaku di tahun 2017 mendatang dan wajib diterapkan oleh seluruh SMA sederajat seluruh Aceh,” tuturnya sebelum memberikan sosialisasi bahaya narkoba untuk masyarakat yang dipusatkan di Desa Lhang, Kecamatan Setia.

Sementara itu, Camat Setia Ariswandi memberikan apresiasi terhadap upaya yang dilakukan anggota DPRA dalam hal memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang dampak buruk penggunaan narkoba.

“Oleh karena itu pengetahuan tentang bahaya narkoba ini sangat perlu, mengingat kemajuan teknologi telah mampu membawa pelajar ke arah yang lebih buruk yang disebabkan kurangnya kontrol dari orang tua,” demikian tandasnya. (Rizal)

To Top