Sosial

Alhamdulillah, Warga Miskin di Aceh Singkil Terima Dana PKH

ACEHTERKINI.COM | Sedikitnya warga miskin di enam kecamatan di Aceh Singkil mulai memadati kantor pos Rimo kabupaten setempat. Pasalnya dana program Keluarga Harapan tahap pertama dari APBN 2016 mulai cair. Uang yang jumlahnya bervariasi itu bisa langsung diambil oleh warga yang namanya sudah terdata berdasarkan undangan.

Jumlah dana bantuan PKH itu tergantung jumlah keluarga. “Jika satu keluarga yang mendapatkan bantuan tersebut memiliki 1 anak sekolah dan 1 balita, maka jumlah dana yang akan diterima sebesar Rp1.650.000, untuk empat tahap,” ujar Asni warga Kuta Kerangan.

Asni mengaku sangat berterima kasih kepada Kementerian Sosial RI dan berharap uang ini akan digunakan untuk keperluan anak-anak sekolah.

Alhamdulillah, Warga Miskin di Aceh Singkil Terima Dana PKH
Warga Miskin di Aceh Singkil mulai memadati kantor pos setempat

Secara terpisah, Asyiem selaku  Pendamping PKH dari Kecamatan Simpang Kanan  mengatakan, untuk kecamatan Simpang Kanan ada 148 KSM yang mendapatkan Dana PKH tahun 2016. ” Mereka semuanya berasal dari keluarga kurang mampu,” ujarnya.

Ia menambahkan dana yang diterima oleh Ibu-ibu dari keluarga yang tidak mampu itu nantinya digunakan untuk pemenugan Gizi peningkatan ekonomi keluarga, begitu juga bagi anak-anak mereka tidak ada alasan tidak  sekolah jika hanya tidak ada baju, buku atau tas.

“Selaku pendamping kami akan terus melakukan pengawasan terhadap para penerima baik secara langsung ke sekolah maupun ke posyandu,” Imbuhnya.

Ditambahkannya, apabila para penerima dana PKH tidak memenuhi kewajiban maka kedepan secara aturan dana PKH akan dikenakan denda dengan cara dilakukan pemotongan 10 persen hal itu berlaku bagi ibu hamil dan Balita.

Sedangkan untuk anak-anak yang sekolah dilihat dari kehadiran, apabila kehadiran si anak di bawah 85 persen, juga akan dikenakan pemotongan 10 persen. “Pemotongan itu langsung dilakukan oleh Pihak Kemensos,” sebutnya. (Jamaluddin)

To Top