Hukum

Razia Operasi Simpatik di Abdya Jaring Ratusan Kendaraan

ACEHTERKINI.COM | Ratusan kendaraan bermotor dengan berbagai jenis terjaring selama pelaksanaan razia Operasi (Ops) Simpatik Rencong tahun 2016 yang digelar Satuan Lalulintas Polres Aceh Barat Daya (Abdya) selama 21 hari.

Kapolres Abdya, AKBP Hairajadi, SH melalui Kasat Lantas Iptu Rj Agung Pratomo yang dihubungi wartawan, Selasa (22/3/2016) menyebutkan, hingga berakhirnya Ops Simpatik Rencong di Abdya tercatat sekitar 425 pengendara kendaraan bermotor melanggar peraturan berlalulintas. Dari jumlah tersebut, sebanyak 151 dikenakan tilang dan sebanyak 247 hanya diberikan teguran kepada pengendara yang bersangkutan.

Jenis pelanggaran yang dilakukan sangat bervariasi mulai dari tidak memiliki surat-surat kelengkapan kendaraan seperti SIM, STNK, termasuk perlengkapan keselamatan dalam berkendara.

Razia Operasi Simpatik di Abdya Jaring Ratusan Kendaraan
Operasi Simpatik 2016

“Kendaraan yang terlibat atau terkena razia itu berupa sepeda motor sekitar 108 unit, mobil angkutan umum 29 unit dan mobil barang. Tidak semua pengendara dikenakan tilang, sebab kami juga melihat dari tingkat pelanggaran yang dilakukan, sehingga ada pengendara yang hanya diberikan teguran saja,”kata Kasat Lantas Agung.

Agung menambahkan, pihaknya tidak henti-hentinya mengajak masyarakat untuk menjalankan tertib berlalulintas yang salah satunya dengan melakukan pemeriksaan kendaraan berupa kelengkapan kendaraan maupun kelengkapan pengendara sebelum berpergian.

“Kita melakukan antisipasi dini. Karena awal dari kecelakaan itu bermula dari pelanggaran. Makanya kami gencar melakukan penertibkan supaya masyarakat juga mengerti tentang aturan-aturan berlalu lintas,” paparnya.

Hingga saat ini, banyak pelanggaran yang harus ditertibkan, sebab tidak sedikit pengendara dengan sengaja dan sadar kerap melakukan pelanggaran dalam berlalulintas. Untuk menekan angka kriminalitas dan pelanggaran lalulintas tersebut pihak polisi tidak henti-hentinya melakukan razia di sejumlah titik-titik rawan yang dianggap rawan terjadi pelanggaran.

Pihaknya juga mengharapkan kepada masyarakat agar bisa ikut berperan serta untuk menekan angka kriminalitas dengan cara selalu berhati-hati dalam berpergian, dan selalu menambah kunci pengaman terhadap kendaraannya, serta segera laporkan apabila melihat suatu tindak kriminal di wilayah hukum Polres Abdya. (RiZal)

To Top