Hukum

Nelayan Sibolga Sering Lakukan Ilegal Fishing di Singkil

ACEHTERKINI.COM | Para nelayan asal Sibolga, Sumatera Utara sering sekali melakukan illegal fishing di perairan Aceh Singkil. “Pada tahun 2015, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Aceh Singkil menangkap empat kapal beserta awak kapal asal Sibolga,” kata Ismed Taufik, Kepala DKP Aceh Singkil, Kamis (17/3/2016).

Kepada acehterkini, ia menjelaskan para pelaku ilegal fishing ini melakukan aktivitasnya dengan cara mengunakan bom dan telah meresahkan nelayan tradisional yang ada di Aceh Singkil.

“Kami tetap komitmen memberantas praktek ilegal fishing diperairan Laut Singkil, walaupun masih terkendala personil, sarana dan prasarana serta biaya untuk kegiatan patroli rutin,” tegasnya.

Nelayan Sibolga Sering Lakukan Ilegal Fishing di Singkil
Ismed Taufik

“Semoga Pemerintah Aceh dapat mengatasi kendala tersebut, salah satunya dengan bantuan kapal pengawas perikanan,” tuturnya.

Tahun 2016 ini telah diamankan sebanyak 2 unit kapal pembom ikan berikut awak kapal asal Sibolga. Para pelaku berikut barang bukti telah diserahkan kepada penegak hukum guna dilakukan proses hukum sesuai aturan hukum yang ada.

Sebelumnya pada tahun 2015, pihaknya juga melakukan penangkapan terhadap empat buah kapal berikut nelayan asal Sibolga. [Jamaluddin]

To Top