Layanan Publik

Lima Kelebihan Transportasi Online

ACEHTERKINI.COM | Dalam persaingan antara angkutan reguler dan online, rakyatlah yang berkuasa, bukan pemerintah. Rakyat sebagai konsumen tidak bisa diatur-atur dan berhak menentukan transportasi mana yang akan digunakannya.

Sejauh ini, masyarakat lebih menyukai transportasi berbasis aplikasionline dibanding yang reguler. Ada lima kelebihan transportasi online.

Lima Kelebihan Transportasi Online

“Masyarakat menyukai transportasi online karena tepat waktu, cepat, mudah, aman, dan murah. Sementara transportasi konvensional belum bisa memenuhi lima hal itu,” ujar sosiolog Musni Umar (23/3/2016).

Menurut dia, polemik antara transportasi reguler dan online merupakan konflik antara mereka yang mengikuti perubahan zaman dengan mereka yang tetap menggunakan cara-cara lama. Hal ini menyebabkan transportasi reguler mulai terkalahkan oleh keberadaan transportasi online.

Pemerinah harus menengahi polemik ini. Untuk menyelamatkan pengemudi dan perusahaan yang beroperasi baik secara reguler maupun online, pemerintah harus hadir.

“Pemerintah harus melindungi seluruh pihak yang berkompetisi. Yang online jangan diblokir, namun yang konvensional juga terlindungi,” kata Wakil Rektor I Universitas Ibnu Chaldun ini. Cara tersebut diharapkan dapat memecahkan persoalan rumit yang sedang terjadi saat ini. [Rol]

To Top