Layanan Publik

Lampu Jalan di Tapak Tuan Gunakan Tenaga Surya

ACEHTERKINI.COM | Bupati Aceh Selatan H T Sama Indra akan memenuhi janjinya untuk mengganti penerangan lampu jalan dalam Kota Tapaktuan dengan tenaga surya guna menghemat anggaran daerah.

Bupati Sama Indra kepada wartawan di Tapaktuan, Jumat (18/3/2016) mengatakan, proyek yang sepenuhnya didanai Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi sumber APBN ini akan direalisasikan tahun ini.

Bupati Sama Indra mengatakan selain untuk menghindari seringnya dilakukan pemadaman oleh pihak PLN setiap kali Pemkab Aceh Selatan menunggak pembayaran rekening, juga sebagai langkah efesiensi anggaran.

“Pemasangan lampu penerangan jalan menggunakan tenaga surya ini diperkirakan hanya membutuhkan anggaran sekitar Rp 5 miliar. Maka jika dibandingkan dengan anggaran daerah yang tersedot untuk membayar rekening lsitrik lampu jalan ke PLN setiap bulannya yang mencapai puluhan juta rupiah, akan ada penghematan anggaran yang cukup signifikan setiap tahunnya,” kata Sama Indra.

Dia menegaskan, Kabupaten Aceh Selatan merupakan satu-satunya daerah di Provinsi Aceh yang berhasil mendapat bantuan lampu Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) bersama 9 kabupaten/kota lainnya seluruh Indonesia.

Kepala Dinas Pertambangan Energi dan Sumber Daya Mineral Aceh Selatan Syamsulijar menyebutkan, pihak Kementerian ESDM telah mengalokasikan anggaran sumber APBN 2016 sebesar Rp 5 miliar lebih untuk pengadaan 100 unit PJUTS dan 260 unit Refrofit LED.
“Hasil konfirmasi terakhir dengan pihak Kementerian ESDM, bantuan tersebut sudah dapat dipastikan akan direalisasikan dalam tahun 2016 ini. Buktinya kami telah dipanggil ke Jakarta untuk menandatangani kontrak kerja,” katanya.

Menurutnya, langkah penggantian penerangan lampu jalan umum dari arus listrik PLN ke sumber tenaga surya akan memunculkan peforma baru di Kota Tapaktuan. Karena selain dinilai lebih efisiensi, keberadaan refrofit LED dalam kafasitas watt kecil juga mampu memancarkan sinar lebih terang.

“Mudah-mudahan program ini berjalan sukses dan lancar sehingga bisa dinikmati segera oleh masyarakat Aceh Selatan,” imbuhnya. [ant]

To Top