Ekonomi

Harga Cabe, Bawang di Banda Aceh Naik Drastis

ACEHTERKINI.COM | Harga Cabe Merah di Banda Aceh terus merangkak naik, dari Rp. 31.162 per kilogram pada Februari 2016 terus naik hingga Rp. 47.606 pada minggu ke II Bulan Maret 2016.

Kenaikan harga salah-satu komoditas strategis ini terungkap dalam rapat Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Banda Aceh, Kamis (17/3/2016) di ruang rapat Sekdakota Banda Aceh.

Selain Cabe Merah, komoditas strategis lainnya yang terus naik harganya adalah Bawang Merah yang hingga saat ini telah mencapai Rp. 38.684 per kilogram.

Harga Cabe, Bawang di Banda Aceh Naik Drastis

Padahal di Minggu I Maret harganya sudah sempat turun menjadi Rp. 31.114 dari Rp. 34.414 per kilogram pada Februari 2016,” ujar Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Banda Aceh, Surya Adi Taufik.

Beberapa komoditas strategis lainnya yang mengalami kenaikan tersebut diantaranya, daging sapi, dan minyak goreng.

Inflasi terjadi diyakini karena pada Bulan Februari seluruh warga Banda Aceh melaksanakan kenduri Maulid Nabi Besar Muhammad SAW yang menyebabkan sejumlah komoditas menjadi incaran warga untuk kebutuhan kenduri tersebut.

Sementara beberapa komoditas yang mengalami penurunan harga adalah daging ayam ras, telur ayam ras dan gula pasir.

Sedangkan harga beras tetap stabil, selain karena sedang musim panen,  kestabilan harga beras juga disebabkan karena telah didistribusikannya Raskin oleh Bulog kepada warga Kota. [Red]

To Top