Nasional

DPD Tolak Moratorium Lahan Gambut, Kegiatan Ekonomi Lebih Penting

ACEHTERKINI.COM | Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Irman Gusman menyatakan, pemerintah perlu lebih terbuka dalam pengelolaan gambut untuk kegiatan ekonomi seperti halnya dilakukan Malaysia.

“Tidak semua kegiatan di gambut harus dibatasi karena telah banyak kegiatan berjalan di kawasan itu. Jangan sampai keputusan yang salah berdampak pada kemandekan industri dan bertambahnya tingkat pengangguran di Indonesia,” kata Irman di Jakarta, Sabtu (13/3/2016).

Irman mengungkapkan, dana desa yang anggarannya hampir Rp 50 triliun, bisa menjadi ujung tombak dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan.

DPD Tolak Moratorium Lahan Gambut, Kegiatan Ekonomi Lebih Penting
Irman Gusman

“Dengan memanfaatkan dana desa, Indonesia tidak perlu bergantung pada bantuan asing. Dana asing sudah sedikit, syaratnya pun banyak dan sulit,” kata Irman dilansir inilah.

Apalagi, lanjutnya, bantuan asing penuh dengan kepentingan yang bertujuan untuk melemahkan komoditas unggulan Indonesia, seperti perkebunan sawit dan industri kehutanan.

Menurut Irman, dengan memanfaatkan dana desa pemberdayaan masyarakat bisa terus digenjot, bersamaan dengan itu sosialisasi mencegah masyarakat terlibat dalam pembakaran lahan bisa diintensifkan.

Irman mencontohkan program desa bebas api yang kini dijalankan oleh sejumlah perusahaan, sebagai upaya kolaboratif yang terbukti berhasil menekan titik api. “Pengendalian kebakaran memang harus melibatkan seluruh stakeholders, jangan saling menyalahkan,” kata Irman. [Sad]

To Top