Ekonomi

Bandara SIM Naikkan Tarif PSC, Berlaku 1 April 2016

ACEHTERKINI.COM | Harga tiket pesawat bakal naik menyusul kenaikan airport tax dan Passenger Service Charge (PSC) yang mulai berlaku 1 April 2016. Seperti diketahui, saat ini tarif airport tax telah digabung dengan tarif tiket

Head of Corporate Secretary and Legal Angkasa Pura II, Agus Haryadi mengatakan, kenaikan PSC ini tidak berlaku di seluruh bandara melainkan hanya untuk tujuh bandara yang dikelola oleh PT. Angkasa Pura II.

Bandara SIM Naikkan Tarif PSC, Berlaku 1 April 2016

Ketujuh bandara tersebut adalah Bandara Seokarno Hatta (Tengerang, Banten), Halim Perdanakusuma (Jakarta), Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), Minangkabau (Padang), Sultan Iskandar Muda (Aceh), Supadio (Pontianak) dan Silangit (Tapanuli Utara, Sumatera Utara).

Besaran kenaikan pun beragam, mulai dari Rp 2 ribu hingga Rp 20 ribu per orang untuk penerbangan domestik, bergantung pada pembaruan fasilitas yang tersedia di sana. Sedangkan untuk penerbangan international masih menggunakan tarif tetap.

”Kementerian Perhubungan sudah menyetujui usulan kami untuk menaikkan PSC. Secara keseluruhan, domestik yang naik dan internasional tetap,” ujar Agus Haryadi seperti dilansir surabayanews, Kamis (3/3/2016).

Agus juga menjelaskan bahwa kenaikan ini akan mulai berlaku pada 1 April 2016. PT AP II telah menjalin komunikasi dengan pihak maskapai terkait penaikan besaran PSC ini.

 ”Menyusul, kami akan sosialisasi pada para penumpang,” imbuhnya.

Agus juga mengakui bahwa kenaikan ini sejatinya diusulkan pihaknya untuk seluruh bandara yang dikelolah AP II. Sayangnya, hanya tujuh yang diberi lampu hijau oleh Kementerian Perhubungan.

PT. Angkasa Pura II mengelola bandara-bandara di Indonesia bagian Barat. Setidaknya, ada 20 bandara yang diurus oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pimpinan Budi Karya itu.[Sad]

To Top