Sosial

Peringati Hari Sampah, Pelaku Pariwisata Aceh Bersihkan Objek Wisata

ACEHTERKINI.COM | Puluhan pelaku pariwisata yang tergabung dalam Asosiasi Pelaku Pariwisata (ASPPI) Aceh membersihkan sejumlah objek wisata di Aceh Besar.

Sekretaris Dewan Pengurus Daerah (DPD) ASPPI Aceh Nurhadi di Banda Aceh, Aleuhat (21/2/2016) mengatakan, kegiatan membersihkan objek wisata ini dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN).

Peringati Hari Sampah, Pelaku Pariwisata Aceh Bersihkan Objek Wisata
Ilustrasi

“Kegiatan memperingati HPSN dipusatkan di objek wisata tsunami kubah masjid di Gampong Gurah, Kecamatan Peukan Bada, Aceh Besar,” ungkap Nurhadi.

Di tempat itu, sebut Nurhadi, para pelaku wisata berbaur dengan masyarakat setempat membersihkan objek wisata tsunami.

Selain membersihkan objek wisata kubah masjid, kata Nurhadi, pengurus ASPPI Aceh mengajak masyarakat mengembangkan objek wisata itu sebagai sumber pendapatan ekonomi.

Nurhadi menegaskan, ASPPI Aceh sebagai perkumpulan pelaku pariwisata berkomitmen memasarkan objek wisata kubah masjid tersebut. Apalagi objek wisata ini memiliki daya tarik tersendiri.

“Banyak masukan yang disampaikan kepada kami dan ini akan menjadi bahan kajian kami dalam mengembangkan pariwisata di Tanah Rencong ini,” kata Nurhadi.

Dalam kegiatan itu, Ketua Dewan Pengawas ASPPI Aceh Umar Machtub mengajak masyarakat yang mengelola objek wisata kubah masjid menerapkan saptapesona.

“Sapta pesona itu meliputi adanya rasa aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah-tamah, dan kenangan. Dengan adanya saptapesona ini ditambah dengan kekhasan budaya lokal, wisatawan akan merasa terkesan berkunjung ke kubah masjid ini,” ungkap Umar Machtub.

Ikut serta dalam aksi sosial itu di antaranya Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Reza Fahlevi dan Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Aceh Besar M Ali, Keuchik Gurah Zakaria tokoh masyarakat setempat. [Red]

To Top