Ekonomi

Pameran di Amerika, Indonesia akan Tampilkan Kopi Aceh

ACEHTERKINI.COM | Pameran kopi di Amerika Serikat yang akan berlangsung pada 14-17 April 2016 mendatang dihadiri oleh Menteri Perdagangan RI, Thomas Lembong. Pada kesempatan itu Thomas akan menyampaikan sambutan pada pameran  Specialty Coffee Assoiciation of Amerika  (SCAA) di Atlanta, Georgia Amerika Serikat.

Dikutip dari inilah.com, Kamis (11/2/2016), Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional, Kementerian Perdagangan, Nus Nuzulia Ishak mengatakan, Indonesia ditetapkan sebagai Official Portrait Country.

Artinya, Indonesia akan menjadi pusat perhatian seluruh peserta, dan peneguk kopi seantero jagad.

Pameran di Amerika, Indonesia akan Tampilkan Kopi Aceh

“Acara ini harus dijadikan momentum untuk memperkuat brand kopi Indonesia. Karena, SCAA merupakan pameran kopi terbesar di AS, bahkan dunia,” kata Nus Nuzulia.

Ditambahkan, Indonesia akan mengedepankan branding Remarkable Indonesian Coffee-Home of Worlds Finest Coffee dengan menampilkan kopi khas Indonesia, mulai dari Aceh hingga Papua.

Untuk itu, lanjut Nus, Kemendag telah meminta semua asosiasi kopi yang terdiri dari Gabungan Eksportir Kopi Indonesia (GAEKI), Asosiasi Kopi Spesial Indonesia (AKSI), Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia (AEKI), dan Suistanable Coffee Platform of Indonesia (SCOPI) untuk mengirimkan sampel specialty coffee.

“Sampel akan diseleksi dan dipilih 20 terbaik yang akan mewakili kopi dari daerah yang mempunyai indikasi Geografis (IG) maupun kopi dari daerah non-IG,” tutur Nus.

Selain fokus di branding, kata Nus, dalam pameran SCAA juga akan diselenggarakan acara cupping, lelang kopi, demo barista serta pembagian sampel atau serving kopi terbaik kepada para pengunjung. [Sad]

To Top