Ekonomi

Harga Bibit Pala Rp20 Ribu Per Batang

ACEHTERKINI.COM | Irfan Basri (46), salah seorang petani di Kabupaten Bireuen memiliki sentra pembibitan pala bersertifikasi. Ia membuka usaha ini di Desa Lueng Daneuen, Kecamatan Peusangan Siblah Krueng, Kabupaten Bireuen.

Pemilik UD Karya Mandiri ini mendatangkan bibit pala dalam bentuk kecambah dari Desa Paloh Pawoh, Kecamatan Labuhan Haji Barat, Kabupaten Aceh Selatan.

Bibit Pala Dijual Rp20 Ribu Per Batang
Irfan Basri

Bibit pala umur 1,5 tahun dijualnya Rp20.000 per batang, sedangkan bibit pala yang berumur delapan bulan hingga satu tahun dijual Rp7,500 per batang.

“Harga ini lebih murah dibandingkan dengan tempat lain, saat ini sudah ada 500 ribu batang bibit pala dengan umur yang bervariasi,” katanya kepada acehterkini, Selasa (23/2/2016).

Kata Irfan, idealnya bibit pala ditanami pada umur delapan bulan atau sudah tinggi selutut orang dewasa, dalam satu hektar ditanami 156 batang dengan jarak antar pohon ke pohon tujuh hingga delapan meter.

Selain bibit pala, Irfan juga menyediakan bibit kelapa, cengkeh, jengkol dan nilam. “Alhamdullilah, sudah mulai berkembang,” tuturnya. [Tar]

To Top