Hukum

Divonis Bebas, Ramli Bahar Kembali Jadi Sekda Abdya

ACEHTERKINI.COM | Setelah dikeluarkan putusan vonis bebas atas banding yang diajukan pada Kejaksaan Tinggi (Kejati) Aceh, Drs Ramli Bahar, kembali bertugas sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya).

Ramli Bahar non aktif sebagai PNS dilingkungan Pemkab Abdya sekitar sembilan bulan berlalu, karena ketika itu sedang menjalani proses hukum kasus dugaan korupsi pengadaan alat kesehatan (Alkes) pada Rumah Sakit Umum Tengku Peukan (RSUTP) kabupaten setempat yang merugikan negara ditaksir ratusan juta rupiah akibat kekurangan 10 item yang diisyaratkan dalam pengadaan Alkes dimaksud dan dinyatakan fiktif.

Divonis Bebas, Ramli Bahar Kembali Jadi Sekda Abdya
Ramli Bahar

“Hari ini Pak Ramli Bahar telah bertugas kembali sebagai Sekda Abdya setelah dinyatakan bebas dan tidak terbukti bersalah dalam kasus itu,” kata Kabag Humas dan Protokol Setdakab Abdya, Zal Sufran, Kamis (18/2/2016) diruang kerjanya.

Sekitar sembilan bulan, posisi Sekda Abdya dirangkap oleh Drs Thamrin sebagai Pelaksana Tugas (Plt) yang juga merupakan Kepala Dinas Pengelolaan Kekayaan dan Keuangan Kabupaten (DPKKK).

“Pak Ramli sudah bertugas kembali, pengembalian jabatan Sekda itu juga ditandangani lansung oleh Bupati Abdya,” singkat Sufran.

Sementara itu, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Blangpidie, Adnan Sitepu SH yang dihubungi wartawan, membenarkan bahwa Ramli Bahar bebas dari semua tunduhan setelah banding yang diajukannya diterima oleh Kejati Aceh.

“Keputusan bandingnya diterima, yang dikeluarkan pada 25 Januari lalu, dimana Ramli Bahar dan Safrial dinyatakan bebas, namun Jaksa tetap melakukan Kasasi,” ungkap Adnan via Phonsel. (by. Rizal)

To Top