Ekonomi

Aceh Timur dan Aceh Utara Terancam Gagal Panen

ACEHTERKINI.COM | Kementerian Pertanian akan menurunkan timnya untuk melihat dampak banjir di berbagai daerah, termasuk Aceh Utara dan Aceh Timur.

Ditjen Tanaman Pangan Kementan, Hasil Sembiring Jum’at (12/2/2016) mengatakan, Februari dan Maret adalah puncak panen padi. Akibat banjir saat ini panen padi terancam gagal. “Ada sekitar 3 ton bakal berkurang,” kata dia dikutip dari detik.com.

Aceh Timur dan Aceh Utara Terancam Gagal Panen
Ilustrasi

Bila banjir tak segera surut, padi yang sudah mau panen bakal tergenang dalam waktu lama dan bisa gagal panen. “Di Aceh Timur, padi itu sudah mau panen. Mudah-mudahan cepat surut. Kalau sampai tergenang bakal terganggu,” ucapnya.

Ia berharap banjir yang menyerang pada tahun ini tidak parah. Sebab, produksi beras nasional bakal terganggu bila banjir tak segera surut. “Mudah-mudahan nggak berdampak luas,” tukas dia.

Pihaknya mengaku telah berupaya menekan gagal panen akibat banjir dengan menormalisasi jaringan irigasi, menyiapkan pompa-pompa untuk membuang air, dan membangun sumur-sumur untuk menyerap air di daerah-daerah rawan banjir.

“Kita sudah normalisasi jaringan irigasi, pompa sudah disiapkan, kita juga sudah membangun sumur dalam, sumur dangkal untuk daerah yang rawan banjir,” tutupnya. [Sad]

To Top