Layanan Publik

125 Pendamping Desa di Aceh Tengah Mulai Bekerja

ACEHTERKINI.COM | Sebanyak 125 pendamping desa di Kabupaten Aceh Tengah mulai bekerja untuk mempercepat realisasi dana desa. Pemkab setempat menyerahkan Surat Perintah Tugas (SPT) kepada 6 orang tenaga ahli, 41 orang pendamping desa dan 78 orang pendamping lokal desa.

Penyerahan SPT dilakukan oleh Wakil Bupati Aceh Tengah, Khairul Asmara pada Sabtu (20/02/2016) bertempat di aula Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Kampung (BPM-PK) Aceh Tengah.

125 Pendamping Desa di Aceh Tengah Mulai Bekerja
Penyerahan SPT kepada pendamping desa di Aceh Tengah

“Kehadiran pendamping desa mempunyai mandat untuk menjalankan Nawacita pemerintahan Jokowi-JK, khususnya membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat desa,” ujar Khairul.

Kepala BPM-PK Aceh Tengah, Jakfar mengatakan keberadaan pendamping desa ditujukan untuk meningkatkan kapasitas, efektivitas dan akuntabilitas pemerintahan dan pembangunan desa.

Selanjutnya para pendamping juga diharapkan dapat meningkatkan prakarsa, kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam membangun desa.

Jakfar menjelaskan 6 orang tenaga ahli akan berkedudukan di ibukota kabupaten dan memiliki bidang tugas pemberdayaan, infrastruktur, pembangunan partisipatif, pengembangan ekonomi desa, teknologi tepat guna dan pelayanan dasar.

Sementara 41 orang pendamping desa akan berkedudukan di kecamatan.”Untuk kecamatan yang wilayahnya dibawah 10 kampung, maka ditempatkan 2 orang pendamping, dan untuk kecamatan yang punya lebih 10 kampung akan ditempatkan 3 orang pendamping,” ujar Jakfar.

Kemudian 78 tenaga pendamping lokal berkedudukan dan bertugas di desa, setiap 1 orang pendamping akan menangani 4 hingga 5 desa.

Keberadaan para pendamping tersebut secara bertingkat akan bertugas untuk mengoptimalkan pemanfaatan dana desa bagi masyarakat. [Red]

To Top