Sosial

1000 Remaja Mesjid akan Kumpul di Banda Aceh

ACEHTERKINI.COM | Sedikitnya 1.000 remaja masjid se-Indonesia juga dari Malaysia, Singapura dan Brunei Darussalam akan datang ke Banda Aceh pada April 2016 mendatang dalam rangka HUT Kota Banda Aceh ke 811 sekaligus Rapimnas BKPRMI.

Ketua DPD Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Provinsi Aceh, T Adiansyah mengatakan, 1.000 peserta ini akan mengikuti Pekan Pemuda Remaja Cinta Mesjid di Banda Aceh.

1000 Remaja Mesjid akan Kumpul di Banda Aceh
Ilustrasi

“Kegiatan ini akan memperkenalkan Banda Aceh sebagai model Kota Madani kepada peserta dari luar daerah, selain itu harapan kita juga agar pemuda semakin mencintai masjid,” kata dia, Rabu (10/2/2016).

“Selain peserta dari dalam negeri, kami rencananya juga kan mengundang perwakilan Remaja Masjid dari beberapa negara sahabat antara lain Malaysia, Singapura dan Brunei Darussalam. Total peserta sekitar 1.000 orang,” tuturnya.

Adapun kegiatan Pekan Pemuda Remaja Cinta Mesjid ini akan dipusatkan di Kecamatan Meuraxa.

Kegiatan utama yakni menghidupkan masjid dengan shalat berjamaah, ceramah agama, dan pengajian. Selain itu, kami juga akan menggelar bakti sosial berupa penanaman Mangrove.

Untuk kegiatan pendukung, akan dilakukan city tour ke situs-situs wisata, pentas seni islami, donor darah, cek kesehatan gratis, dan bazar.

Sementara untuk kegiatan lokal di beberapa gampong, sambung Adiansyah, pihaknya akan melibatkan masyarakat sebagai pesertanya.

“Kami akan mengadakan pelatihan Iqra, Shalat Jenazah, sosialisasi Narkoba, penanggulangan bencana, dan pengkaderan remaja masjid,” kata dia.

Wali Kota Banda Aceh, Illiza Sa’duddin Djamal  menyambut baik penyelenggaraan event berskala nasional yang digagas BKPRMI Banda Aceh tersebut.

Illiza menyatakan siap mendukung kesuksesan Pekan Pemuda Remaja Cinta Mesjid.

“Kami siap menyukseskan acara ini, karena sejalan dengan visi Banda Aceh Model Kota Madani, dan memang menjadi salah satu misi kita untuk meningkatkan peran pemuda dalam pembangunan, baik secara fisik maupun non fisik,” kata Illiza. [Red]

To Top