Layanan Publik

TPA Kampung Jawa Ditutup, Dialihkan ke Blang Bintang

ACEHTERKINI.COM | Tempat Pembuangan Akhir (TPA) limbah dan sampah di Kampung Jawa Kota Banda Aceh akan ditutup. Wali Kota Banda Aceh, Illiza Sa’aduddin Djamal mengatakan TPA akan dipindahkan ke TPA Regional Blang Bintang.

Hal tersebut dikatakan Illiza usai menerima bantuan tiga unit alat berat dan dua dum truck dari Kementerian PU untuk penanganan sampah di Banda Aceh, Senin (25/1/2016).

“Alhamdulillah dengan adanya bantuan hibah ini, akan sangat membantu proses peralihan TPA tersebut,” ujar Illiza.

TPA Kampung Jawa Ditutup, Dialihkan ke Blang Bintang
TPA Gampong Jawa Banda Aceh Ditutup [Ilustrasi]

Menurut Illiza bantuan berupa satu unit Bulldozer, satu unit Excavator, dan dum truk dengan muatan 12 kubik sampah akan diperuntukkan bagi TPA Regional di Blang Bintang.

“Sedangkan satu unit Combi Jetter (mobil sedot lumpur) yang diserahkan kepada PU kota, nantinya akan digunakan untuk menyedot lumpur (sedimen) di wilayah Kota Banda Aceh,” katanya.

“Combi Jetter dapat kita optimalkan untuk membersihkan sedimen pada gorong-gorong dengan cepat dan mudah, sehinga diharapkan pada musim penghujan tahun ini dapat mengurangi genangan air akibat saluran yang tersumbat,” sambungnya.

Sementara untuk alat berat yang diterima, Illiza menyebutkan dapat pula digunakan untuk penanganan darurat jika terjadi bencana alam seperti banjir, gempa maupun tsunami.

“Alat berat ini akan sangat berguna untuk membuka ruas jalan yang dipenuhi sampah dan membersihan bangunan-bangunan yang runtuh,” tambah Illiza.

Sementara itu, Kabid Persampahan Dinas Kebersihan Kota Banda Aceh Mirzayanto yang dihubungi secara terpisah mengatakan, Banda Aceh sangat diuntungkan dengan bantuan tersebut.

Katanya, dengan tambahan truk, pihaknya dapat menambah cakupan layanan untuk menjemput sampah ke gampong-gampong di Banda Aceh yang selama ini belum terlayani dengan maksimal. [Edi]

To Top