Sosial

Tingkatkan Kualitas Pemuda, Pemerintah Siapkan 10 Program Ini

ACEHTERKINI.COM | Pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menyiapkan 10 program unggulan untuk peningkatan kualitas pemuda dan diharapkan semua program yang telah terbentuk bisa terealisasi sepanjang 2016.

“Program 2016 kita prioritaskan untuk pemuda di basis lokal guna mempertajam, mengembangkan dan meningkatkan program kepemudaan 2015 agar pemuda Indonesia merasakan kehadiran pemerintah dam pembangunan kepemudaan,” kata Menpora Imam Nahrawi, Jum’at (01/01/2016).

Tingkatkan Kualitas Pemuda, Pemerintah Siapkan 10 Program Ini
Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi 

Sepuluh program unggulan ini adalah Pemuda Anti Narkoba, Pemuda Relawan, Kota Layak Pemuda, Pemuda Tani, Pemuda Maritim, Pemuda Pelopor, Pemuda Kreatif, Sarjana Penggerak Desa, Pemimpin Muda dan Wirausaha Muda.

“Konsep dasar program ini mengacu pada visi misi Presiden Joko Widodo. Revolusi mental tetap menjadi ide pokok adanya program kepemudaan di Kemenpora,” katanya menambahkan.

Ia menegaskan, program unggulan pemuda 2016 dilatarbelakangi dari pemetaan persoalan dasar pemuda Indonesia. Untuk permasalahan narkoba di kalangan pemuda, kemenpora menyiapkan program pemuda Revolusi mental anti narkoba.

Selama setahun kedepan, pemuda anti narkoba akan disebar ke 1.500 desa di Indonesia. Begitu juga dengan program pemuda relawan. Ada dua hal yang menjadi fokus yaitu rawan bencana dan rawan sosial di berbagai daerah di Indonesia.

“Pemuda relawan akan dilaksanakan di 10 titik rawan bencana serta lima daerah untuk rawan sosial,” kata menteri.

Untuk perkembangan gaya hidup pemuda 2016, Kemenpora akan melaksanakan program inisiasi kota layak pemuda dengan mengidentifikasi beberapa kota yang layak pemuda. Pemerintah nantinya akan memberikan penghargaan yang fokus terhadap pengembangan pemudanya.

Begitu juga dengan wirausaha. Kemenpora akan melaksanakan gerakan wirausaha muda. Pada program ini pemerintah menargetkan ada 500 pemuda dengan 500 usaha rintisan produktif. Selain itu pemerintah juga telah mempersiapkan sentra kewirausahaan di daerah.

“Untuk mendukung kewirausahaan pemuda, kita telah mempersiapkan Lembaga Permodalan Kewirausahaan Pemuda atau LPKP,” kata politisi dari Partai Kebangkitan Bangsa itu.

Dengan sepuluh program unggulan tersebut, Kemenpora menyakini dalam satu tahun kedepan masyarakat terutama pemuda Indonesia akan merasakan kehadiran pemerintah dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia. Untuk itu pihaknya meminta semua pihak terkait mengawal berjalannya program tersebut.

[antara]

To Top