Kesehatan

Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Anda

ACEHTERKINI.COM | Bawang putih selama ini dikenal sebagai salah satu bahan andalan di dapur yang kerap digunakan untuk menambah rasa lezat pada masakan. Baik masakan yang mengandung daging-dagingan, maupun sayur-mayur.

Namun, tidak sedikit pula orang berusaha menghindari bawang putih karena tak tahan dengan aroma yang ditimbulkannya. Padahal, tumbuhan yang satu ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan kita.

Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Anda

“Dalam 10 tahun terakhir, bawang putih mendapat banyak perhatian di kalangan ilmuwan, karena kemampuannya untuk menurunkan trigliserida dan kolesterol total dari 5 hingga 15 persen,” kata ahli gizi yang juga pelatih masak di West Chester Pennsylvania, AS, Libby Mills, belum lama ini.

Sejumlah studi laboratorium juga menemukan beberapa senyawa sulfur pada bawang putih dapat menghambat produksi kolesterol dan pembekuan darah. Sudah rahasia umum bahwa kolesterol berlebih dan pembekuan darah di dalam tubuh dapat memicu serangan jantung atau stroke.

Senyawa sulfur itu juga membantu menjaga pembuluh darah tetap fleksibel, sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya penyumbatan pada sistem sirkulasi darah.

Itu belum semuanya. Masih banyak lagi manfaat dari bawang putih yang bakal membuat Anda takjub. Berikut ini adalah beberapa di antaranya, seperti dilansir laman SafeBee.

Mengatasi peradangan 
Ketika terjadi inflamasi (peradangan), sistem kekebalan tubuh kita biasanya langsung bekerja untuk melawan serbuan zat-zat asing yang berpotensi menimbulkan infeksi serta plak yang menempel di dinding arteri. Bawang putih bisa membantu kinerja sistem kekebalan tubuh kita mengatasi peradangan tersebut.

Membantu melawan kuman jahat
Ketika bawang putih dihancurkan, ia akan mengeluarkan bahan kimia yang disebut alisin. Zat ini sangat efektif melawan kuman jahat dan bakteri yang merugikan kita. Para peneliti di Inggris mengungkap, alisin mengandung senyawa yang berguna sebagai antibiotik tambahan bagi tubuh.

Sementara, penelitian lainnya menemukan bahwa bawang putih ternyata juga ampuh untuk memerangi organisme-organisme yang resisten (tahan) terhadap berbagai jenis obat antibiotik. Ada pula penelitian yang membuktikan kemampuan bawang putih untuk membantu mengobati infeksi jamur candida.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Clinical Nutrition menyimpulkan, zat-zat tertentu yang terdapat pada pada ekstrak bawang putih tua juga dapat membantu mencegah terjadinya infeksi virus, atau setidaknya mengurangi tingkat keparahan pilek dan flu.

Membantu menghambat penyebaran sel kanker
Sejumlah studi yang dilakukan National Cancer Institute menemukan adanya hubungan mengonsumsi bawang putih dengan berkurangnya risiko seseorang terkena beberapa jenis kanker. Termasuk di antaranya kanker payudara, kolorektal, lambung, kerongkongan, dan kanker pankreas.

Meski belum banyak eksperimen yang dilakukan terhadap manusia untuk mengenal lebih dekat kaitan antara bawang putih dan menurunnya risiko kanker, namun ada beberapa penelitian yang memberi hasil cukup signifikan sejauh ini.
Studi terhadap 5.000 orang di Cina menemukan, orang-orang yang mengonsumsi campuran ekstrak bawang putih dan mineral selenium setiap harinya memiliki risiko 33 persen lebih rendah untuk terkena kanker lambung.

Campuran zat tersebut juga menurunkan risiko mereka untuk terkena semua jenis tumor sebanyak 52 persen. Ada banyak teori yang mencoba menjelaskan efektivitas senyawa bawang putih dalam melawan kanker. Salah satunya adalah hasil penelitian laboratorium yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition pada September 2015.

Di situ dilaporkan, makanan yang mengandung bawang putih mentah dapat memengaruhi gen di dalam darah manusia untuk membantu menghambat kanker dan mengontrol kematian sel. [Rol]

To Top