Kesehatan

Gatal-Gatal, Begini Cara Atasinya

ACEHTERKINI.COM | Ada sejumlah cara alami untuk menghilangkan rasa gatal akibat digigit serangga. Alih-alih menggaruk, Anda bisa mencoba cara-cara di bawah ini apalagi dengan bahan-bahan alami yang mudah diperoleh. Berikut ini seperti dilansir laman Safebee.

Gatal-Gatal, Begini Cara Atasinya

Es Batu
Bungkus beberapa bongkah kecil es batu dalam handuk bersih atau kain lap. Tempelkan selama 10 menit di lokasi yang tergigit untuk mengurangi pembengkakan dan meringankan rasa gatal.

Kantung Teh
Sejumlah studi telah menemukan bahwa flavonoid dalam teh memiliki efek anti-inflamasi. Tempelkan kantong teh basah bekas seduhan di lokasi gigitan. Cobalah teh hijau, yang dinilai lebih efektif karena mengandung flavonoid lebih tinggi.

Lidah buaya
Lidah buaya terbukti efektif mengatasi berbagai macam masalah kulit, termasuk peradangan. Buka batang lidah buaya dan ambil sedikit getahnya untuk dioleskan pada kulit yang digigit serangga.

Bubuk soda kue
Campur satu sendok bubuk soda kue dengan air secukupnya untuk membuat pasta dan oleskan ke gigitan.

Havermut
Kompres bekas gigitan dengan air rendaman bubuk havermut selama 15 menit untuk mengurangi gatal. Cara lain, Anda dianjurkan mandi air dingin dengan campuran bubuk havermut giling.

Perban
Menutup kulit bekas gigitan dengan perban memang tak akan mengurangi gatal, tetapi perban akan melindunginya dari jari-jari yang tak tahan menggaruk Selain itu, jika cara alami tak mempan dan gigitan menjadi meradang atau sakit, ibuprofen dapat membantu. Salep antibiotik dapat mencegah atau mengobati infeksi ringan. [rol]

To Top