Peristiwa

Data Rumah Tangga Miskin Abdya Tidak Valid, Diduga Bantuan Tak Tepat Sasaran

ACEHTERKINI.COM | Akibat tidak memiliki data yang valid tentang Rumah Tangga Miskin (RTM), Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) diduga mereka-reka dan sering salah sasaran dalam menyalurkan berbagai jenis bantuan untuk khaum dhuafa.

Fisma Agusyahrizal, kepada wartawan, Kamis (7/1/2016) mengatakan, pantauan beberapa tahun terakhir, Pemerintah baik dari provinsi maupun daerah melalui Dinsosnakertrans setempat telah menyalurkan berbagai macam bantuan kepada kaum dhuafa di Abdya.

Data Rumah Tangga Miskin Abdya Tidak Valid, Diduga Bantuan Tak Tepat Sasaran

Seperti rumah dhuafa, santunan warga miskin, santunan yatim piatu, janda tanpa anak serta warga cacat permanen.

Namun, penyaluran bantuan itu sangat tidak tepat sasaran. Dimana, para penerima bantuan kebanyakan berasal dari keluarga memiliki ekonomi mampu.

“Yang agak tepat sasaran dalam penyaluran itu hanya santunan anak yatim, janda tanpa anak dan santunan warga cacat permanen saja. selebihnya, bantuan yang disalurkan berdasarkan data reka-reka,” ungkap Fisma Agusyahrizal selaku penggiat Lembaga Swadaya Manusia (LSM) di Abdya.

Dia berharap, Pemkab Abdya bisa lebih peka dalam menggali data di lapangan. Sehingga Rumah Tangga Sasaran (RTS) dalam penyaluran berbagai bantuan sosial itu lebih tepat kepada yang berhak.

“Berikanlah bantuan itu pada yang berhak, jangan karena faktor kedekatan sehingga ia yang mendapat, padahal masih ada yang lebih layak untuk menerima,” singkatnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Rehab Sosial, Dinsosnakertrans Abdya, Rosnidar yang dimintai komentarnya terpisah oleh wartawan membenarkan saat ini pihaknya belum mengantongi data pasti RTM maupun jumlah penerima santunan yatim, piatu dan yatim piatu maupun janda tanpa anak serta warga cacat permanen.
“Kalau data pasti kita tidak ada, jangankan saya yang baru dua bulan duduk dijabatan ini, Kabid sebelum kami juga tidak mengantongi data pasti,” ujarnya singkat. (Rizal)

To Top