Sosial

Bupati Aceh Besar Resmikan Dayah Insan Qur’ani

ACEHTERKINI.COM | Bupati Aceh Besar Muklish Basyah, meresmikan Dayah Insan Qur’ani di Gampong Aneuk Batee Kecamatan Suka Makmur Kabupaten Aceh Besar, Aleuhat (17/1/2016).

Bupati mengharapkan keberadaan Dayah Insan Qur’ani selain mempelajari Al-Qur’an juga melahirkan para mubaliq yang mampu menggali kandungannya, dan menyebarkan ajaran-ajarannya dalam praktek kehidupan masyarakat.

Bupati Aceh Besar Resmikan Dayah Insan Qur’ani
Peresmian Dayah Insan Qur’aini di Samahani, Aceh Besar

“Menghadapi kehidupan di zaman modern yang tanpa batas, materialistis, dan semakin tidak menentu seperti sekarang ini. Tentu umat Islam dituntut membaca, memahami dan mencintai ajaran Al-Qur’an yang mampu memenuhi kekosongan nilai moral kemanusian dan spritual,” pungkasnya.

Pemkab Aceh Besar sangat mendukung berdirinya sejumlah Dayah dan Pesantren, apalagi pihaknya telah mencanangkan beberapa kebijakan pendidikan, baik pendidikan umum, agama maupun dayah.

Seperti program Beut Ba’da Maghrib yang sudah berjalan tiga tahun lebih.

“Sudah banyak upaya-upaya yang sudah dan sedang kami tempuh maupun juga sedang kita rencanakan untuk terus memperkuat belajar Al-Qur’an pada semua lembaga pendidikan,” tandas Mukhlis Basyah.

Pimpinan Dayah Insan Qur’ani, Muzakkir Zulkifli mengatakan, dayah yang berdiri sejak 2014 lalu kini telah memiliki ratusan santri yang berasal dari berbagai kabupaten/kota di Aceh dan juga ada dari luar Aceh. Dengan program pendidikan MTs, MA dan program intensif 30 juz.

Peresmian dayah ini turut hadir qari Internasional Ustad Darwin Hasibuan, Ketua DPRK Sulaiman SE, Wakil Ketua MPU Aceh Tgk H Faisal Ali, anggota DPRK Zulkiram Hs Basri, Kabid Pontren Kanwil Kemenag Aceh H Abrar Zym SAg, sejumlah kepala SKPD jajaran Pemkab Aceh Besar, Muspika Suka Makmur, para santri dan tokoh serta masyarakat setempat. [Edi]

To Top