Sosial

BIN yakin Presiden Jokowi Kabulkan Amnesti Din Minimi

ACEHTERKINI.COM | Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso memastikan amnesti umum untuk kelompok Din Minimi tetap akan diajukan sekalipun Polri menyatakan bakal melanjutkan proses hukum terhadap kelompok bersenjata asal Aceh tersebut.

“Iya, tetap (diajukan). Karena ini sudah garis Presiden kan,” ujar Sutiyoso di Istana Negara, Senin (4/1/2016).

BIN yakin Presiden Jokowi Kabulkan Amnesti Din Minimi
Kepala Badan Intelejen Negara, Sutiyoso 

Pria yang akrab disapa Bang Yos itu mengungkapkan, hari ini dia akan mengajukan surat permohonan pemberian amnesti pada Presiden Joko Widodo.

Setelah itu, menurut dia, Kementerian Hukum dan HAM yang akan berkomunikasi dengan Komisi III DPR RI untuk meminta persetujuan.

Sutiyoso sendiri mengaku telah melakukan koordinasi dengan Presiden terkait amnesti tersebut. Sebab, dia menyatakan tak akan mengajukan amnesti untuk Din Minimi pada Presiden jika ternyata permohonan itu tak bisa diproses.

Meski optimistis negara akan memberikan pengampunan pada Din Minimi, Sutiyoso mempersilakan Polri memproses hukum mereka. Menurutnya, proses hukum dapat tetap berjalan seiring dengan proses persetujuan amnesti.

“Memang proses Kepolisian seperti itu kan, dilakukan saja, tidak ada masalah. Sambil jalan kita menunggu proses amnesti dikerjakan,” kata mantan gubernur DKI Jakarta tersebut. [Rol]

To Top