Ekonomi

Bank Aceh dan BNI Teken MoU Konversi Menjadi Bank Umum Syariah

ACEHTERKINI.COM | PT Bank Aceh akan konversi menjadi bank umum syariah yang tentunya membutuhkan dukungan di industri perbankan syariah.

Untuk mendukung hak tersebut, berlangsung penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara BNI Syariah dengan Bank Aceh. MOU ini ditandatangani dalam rangka kerjasama pengembangan kapabilitas terkait rencana konversi Bank Aceh menjadi Bank Umum Syariah sekaligus kerjasama pengembangan bisnis khususnya di Wilayah Aceh.

Bank Aceh dan BNI Teken MoU Konversi Menjadi Bank Umum Syariah

Direktur Utama BNI Syariah Dinno Indiano mengatakan, terkait proses konversi, BNI Syariah menjadi bank partner yang akan memberikan asistensi teknis dan menyediakan narasumber selama proses konversi.

“Dalam MoU tersebut disepakati beberapa hal di antaranya asistensi teknis dalam bidang produk, pengembangan kebijakan dan SOP, pengembangan IT, akuntansi dan pelaporan, SDM dan sebagainya,” kata dia Banda Aceh, Jumat (15/1/2016).

Selain mendampingi proses konversi, Bank Aceh juga akan bekerjasama dengan BNI Syariah terkait pengembangan bisnis di wilayah Aceh seperti co-branding kartu pembiayaan, kerjasama pemasaran pembiayaan konsumer dan sindikasi pembiayaan.

BNI Syariah memiliki produk yang lengkap termasuk salah satunya adalah kartu pembiayaan, sehingga sesuai dengan salah satu produk yang akan dikonversi oleh Bank Aceh.

“Kerja sama ini dilakukan sebagai bentuk dukungan BNI Syariah terhadap Bank Aceh untuk menjadi Bank Umum Syariah dan mengembangkan potensi bisnisnya. Hal ini juga untuk mendukung komitmen Pemerintah dalam mengembangkan keuangan syariah di Indonesia, yang salah satunya diwujudkan melalui pembentukan Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS),” ungkap Dinno Indiano.

Dengan produk, fasilitas, dan teknologi yang dimiliki Bank Aceh setelah konversi, masyarakat akan lebih mudah, nyaman, dan tenang untuk bertransaksi sesuai syariah, sehingga dapat memiliki pengalaman berhasanah.

Konversi Bank Aceh menjadi Bank Umum Syariah ini merupakan pelaksanaan Perda yang mengharuskan Bank Milik Pemerintah Daerah beroperasi secara syariah. Dibandingkan spin off, konversi menjadi pilihan karena konversi menghasilkan bank yang lebih besar sehingga diperhitungkan di industri.

Aceh yang mayoritas penduduknya Muslim dan satu-satunya wilayah di Indonesia yang telah menerapkan syariat Islam menjadi potensi bisnis yang sangat baik dalam mengembangkan perbankan syariah. [inilah]

To Top