Teknologi

7 Negara Melarang YouTube

ACEHTERKINI.COM | Apakah kamu sering menonton video youtube? Jika iya, kamu masih bisa beruntung. Sebab, dibeberapa negara lain kabarnya dilarang membuka Youtube. Apa saja negara-negara tersebut dan apa alasannya? Daripada penasaran, yuk kita intip. Berikut ini adalah 7 negara yang melarang warganya untuk membuka situs laman YouTube dilansir palingseru.com:

7 Negara Melarang YouTube

Cina
Negeri Tirai Bambu ini melarang Youtube beroperasi pertama kalinya pada Oktober 2007 sampai Maret 2008 dan kemudian dilarang beroperasi lagi pada Maret 2009. Hal ini dilakukan karena situs tersebut dianggap bertentangan dengan revolusi.

Iran
Iran mulai melarang Youtube untuk beroperasi setelah beredarnya sebuah video porno bintang opera sabun dengan pasangannya. Hal itulah yang membuat negara Iran memblokir sejak Desember 2006. Namun larangan beroperasi tersebut dibatalkan lagi karena adanya pemilihan presiden tahun 2009. Tapi pada tahun 2012, Youtube kembali dilarang beroperasi lantaran dilaman tersebut terdapat video trailer yang berbau penistaan agama yang berjudul “The Innocence of Muslim”.

Korea Utara
Negara yang melarang Youtube beroperasi berikutnya adalah Korea Utara. Saking tidak percaya dengan situs tersebut, negara ini bahkan rela menciptakan sistem operasi sendiri demi masyarakatnya. Sistem operasi tersebut disebut dengan istilah ‘Red Star OS’.

Turki
Negara ini tidak hanya melarang Youtube saja, bahkan Twitter dan Facebook juga dilarang beroperasi di negaranya. Namun sebelum adanya larangan itu, Turki diketahui sudah bolak-balik melarang dan mencabut larangan tersebut. Kenapa begitu ya? Mungkin Turki masih bingung untuk memutuskan Youtube itu berbahaya atau nggak.

Sudan
Pada April 2009, Pemerintah Sudan sudah melarang Youtube beroperasi di negaranya. Bahkan negara ini juga melarang akun Google untuk beroperasi. Hal ini dilakukan karena adanya beredar video panitia pemilu yang memberikan tambahan suara palsu.

Eritrea
Jika negara lain melarang masyarakatnya menggunakan Youtube, namun Pemerintah Eritrea justru memperbolehkan masyarakatnya menggunakan jasa layanan internet. Tetapi harus dalam pengawalan pemerintah.

Pakistan
Pakistan melarang Youtube beroperasi sejak September 2012. Alasannya sama dengan negara Iran yakni gara-gara ada video trailer “The Innocence of Muslim”. Bahkan larangan menggunakan Youtube ini diperintahkan langsung oleh Mahkamah Agung Pakistan.

To Top