Hukum

Yakarim Munir Bebas, Ustadz Zainal Masih Ditahan

ACEHTERKINI.COM | Tokoh muslim di Aceh Singkil, Yakarim Munir akhirnya dibebaskan polisi di Polres kabupaten setempat, Jum’at (25/12/2015) sekitar pukul 20.00 wib. Sedangkan temannya Ustadz Zainal Abidin masih ditahan terkait ditemukan senjata tajam dalam mobilnya.

Kepada acehterkini, Yakarim Munir mengatakan kronologis kejadian ditangkap dirinya dan ustadz Zainal pada Kamis (24/12/2015) malam berawal dari adanya informasi masyarakat terkait pemasangan tenda-tenda oleh non muslim dilokasi gereja yang pernah dibongkar oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil.

Yakarim Munir Bebas, Ustadz Zainal Masih Ditahan
Yakarim Munir

“Menjelang perayaan natal 2015 dan tahun baru 2016, Forkopimda Aceh Singkil mengeluarkan himbauan, berpegang dengan himbauan itulah kita ingin menanyakan langsung kepada bupati malam itu juga perihal tenda-tenda yang dipasang tersebut,” ujar Yakarim.

“Kami sangat toleransi, silahkan non muslim beribadah ditempat yang dibolehkan oleh pemerintah, justru karena ada informasi pemasangan tenda dilokasi gereja yang pernah dibongkar itu, maka kami ingin menanyakan ke bupati, tapi malah kami distop dalam perjalanan dan ditahan di Polres Aceh Singkil,” terang Yakarim Munir.

“Saya diperiksa terus hingga malam tadi dilepaskan oleh polisi, sementara ustadz Zainal Abidin masih diperiksa terkait kepemilikan senjata tajam,” kata Yakarim didampingi sejumlah pengacara yang juga akan berupaya membebaskan Ustadz Zainal.

Sebelumnya Kapolres Aceh Singkil, M. Ridwan mengatakan dua warga Aceh Singkil itu ditahan karena kumpul-kumpul naik mobil dan hendak bertemu bupati malam-malam.

“Lalu setelah diperiksa salah satu mobil mereka, ditemukan senjata tajam, kemudian dua orang kita amankan,” ujar Kapolres Aceh Singkil, M Ridwan, Jum’at (25/12/2015).

Secara umum kondisi keamanan di Kabupaten Aceh Singkil cukup aman dan terkendali. Kerukunan umat Beragama di Aceh Singkil tetap terjaga dengan baik. Kapolda Aceh, Husein Hamidi juga memantau langsung situasi keamanan di Aceh Singkil.

Kapolda Aceh bersama Pangdam IM mengelilingi kabupaten kota di Aceh untuk memantau langsung keamanan menjelang perayaan natal 2015 dan tahun baru masehi 2016.

Setelah tiba di Aceh Singkil, Jum’at (25/12/2015), Kapolda Aceh bersama rombongan akan menuju Kabupaten Aceh Tenggara. [red/Jamaluddin]

To Top