Sosial

Tokoh Muslim di Aceh Singkil Ditangguhkan

ACEHTERKINI.COM | Ustadz Zainal Abidin, salah seorang tokoh muslim, anggota Forum Umat Islam yang ditangkap Kapolres Aceh Singkil, Kamis (24/12/2015) malam Hari Natal akhirnya ditangguhkan penahanannya.

Kapolda Aceh, Irjen Pol, Husein Hamidi mengatakan pada malam Hari Natal itu ada kelompok massa yang ingin melakukan unjuk rasa malam-malam di kantor bupati.

Tokoh Muslim di Aceh Singkil Ditangguhkan
Kapolda Aceh, Irjen Pol. Husein Hamidi

“Mereka berjumlah 30 orang ingin memprotes terkait adanya pemasangan tenda ditempat gereja yang pernah dibongkar, mereka ingin unjuk rasa di pendopo bupati malam-malam, ini keliru,” ujar Kapolda Aceh dalam eksposes akhir tahun 2015, Kamis (31/12/2015) di Lantai III Mapolda Aceh.

“kita sudah berikan penjelasan bahwa peringatan Natal yang dilaksanakan umat nasrani harus diamankan, sehingga perayaan Natal di Aceh Singkil berjalan dengan aman,” kata Kapolda Husein Hamidi.

Lalu tambah Kapolda, dalam perjalanannya kelompok muslim ini kita cegat yang dipimpin langsung oleh Kapolres Aceh Singkil. Setelah kenderaan mereka diperiksa ditemukan dua senjata tajam.

Akibatnya kata Kapolda Aceh, dua orang tokoh muslim itu di bawa ke Polres untuk dimintai keterangan. Satu orang tidak ditahan, Yakarim Munir dan satu lagi ditahan karena memiliki senjata tajam, Ustadz Zainal Abidin.

“Yang membawa senjata tajam tetap diproses sesuai ketentuan hukum,” tegas Kapolda Aceh.

Nurfalah

Sementara itu Direktur Reserse Kriminal Umum, Nurfalah mengatakan Ustadz Zainal Abidin sudah ditangguhkan dengan jaminan keluarga. “Proses hukumnya tetap berlanjut,” kata Nurfalah.

Diberitakan sebelumnya Yakarim Munir dan Ustadz Zainal Abidin ditangkap anggota Polres Aceh Singkil karena berkumpul-kumpul dengan mobil dengan tujuan yang tidak jelas dan kepemilikan senjata tajam pada Kamis (24/12/2015) malam. [Firman]

To Top