Kesehatan

Tanda Air Seni Anda Mulai Berbahaya

ACEHTERKINI.COM | Hati-hati saat buang air kecil. Jangan langsung menyiram atau mengabaikannya begitu saja. Sebab, warna dan aroma yang disebarkan urin dapat memberitahu banyak tentang tubuh dan juga kesehatan Anda. Ahli medis menyebutkan, semakin dini penyakit terdeteksi akan semakin cepat proses penyembuhannya.

Tanda Air Seni Anda Mulai Berbahaya

Oleh karena itu, bila Anda mlihat tanda-tanda berikut berarti Anda harus bergegas periksa ke dokter.

Sensasi terbakar
Ketika buang air kecil dan Anda merasakan sensasi terbakar dapat menunjukkan infeksi saluran kemih. Ada juga kondisi non-infeksi seperti klamidia dan gonore saat Anda merasa nyeri ketika buang air kecil.

Urin beraroma manis
Menurut spesialis kesehatan perempuan, Holly Phillips, bau manis dalam utin sering petunjuk akan diagnosis diabetes. Ini juga dapat menunjukkan bahwa tingkat gula darah sudah tidak terkendali lagi.

Urin berbusa
Urin yang normal berwarna kuning dan tanpa busa. Namun, saat muncul busa atau warna keruh pada air seni, itu bisa peringatan akan ekskresi bakteri dan leukosit, yaitu sel yang melawan infeksi dalam tubuh.

Berwarna merah muda atau merah
Air seni yang berwarna merah disebabkan makanan yang Anda santap punya warna yang dominan. Jika tidak, bisa jadi itu tanda adanya darah dalam kencing Anda. Sebaiknya segera periksa ke dokter.

Berbau busuk
Urin yang berbau busuk bisa jadi alarm bahwa terjadi infeksi pada kandung kemih Anda. Aroma urin setiap orang berbeda. Namun, saat Anda merasakan bau yang begitu kuat patut waspada.

Air seni berdarah
Air seni yang berdarah disertai nyeri atau tidak ada sakit merupakan kondisi medis yang disebabkan oleh faktor-faktor seperti kanker, infeksi dan batu di saluran kemih.

Sering buang air kecil
Studi tahun 2009 mengklaim buang air kecil setiap jam dianggap bisa pertanda diabetes, pembengkakan dan infeksi uretra atau vaginitis (pembengkakan atau debit vulva dan vagina), kehamilan dan alkohol. [ha]

To Top