Sosial

Sabang Marine Festival 2015 Dibuka, Jadi Target 20 Juta Wisatawan

ACEHTERKINI.COM | Sabang Marine Festival 2015 secara resmi dibuka oleh Menteri Pariwisata RI dengan penyerahan secara simbolis bendera SMF 2015 kepada salah seorang peserta Yacht (perahu layar) asal Francis Sabtu (12/12/15).

Pembukaan Sabang Marine Festival 2015 tersebut diwakili oleh Indroyono Soesilo selaku Dewan Kehormatan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, yang berlangsung di Dermaga CT 1 BPKS sejak pukul 09.30 wib. Hadir di acara itu Staf Ahli Gubernur Aceh bidang pemerintahan, Iskandar A Gani dan Sekretaris Daerah Kota Sabang, Sofyan Adam.

Sabang Marine Festival 2015 Dibuka, Jadi Target 20 Juta Wisatawan
Pembukaan Sabang Marine Festival 2015 [Aal] 

Pembukaan event yang diselenggarakan BPKS ini juga dimeriahkan dengan kehadiran peserta kapal Yacht (perahu layar) dari berbagai Negara seperti Francis, Newzeland, Canada dan Swiss.

Indroeyono mengatakan, event Sabang Marine Festival 2015 merupakan kontribusi pemerintah secara nyata disektor pariwisata dan memberikan manfaat sebagai target peningkatan arus kunjungan Wisatawan.

“Pengembangan pariwisata bahari Indonesia saat ini memang masih jauh dari potensi yang sesungguhnya,  pemerintah akan mendorong pertumbuhan pariwisata bahari khususnya di Kota Sabang,” tandasnya.

Ia juga menjelaskan sampai saat ini pihaknya telah mendorong terbitnya sejumlah peraturan-peraturan tentang tata cara pelayanan kapal layar (Yacht) dan pemberian kemudahan bagi wisatawan dengan menggunakan kapal pesiar (Cruise Ship) hingga di harapkan tingkat kunjungan wisatawan asing ke sejumlah daerah wisata di Indonesia khususnya di Sabang akan terus meningkat di bandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Sabang Marine Festival 2015 Dibuka, Jadi Target 20 Juta Wisatawan

“Target kita adalah 20 juta kunjungan wisatawan manca negara pada tahun 2019 dan hal itu tidak akan terwujud bila tidak di mulai dari sekarang dan dari NOL nya Indonesia yakni Sabang,” ujar Indroeyono optimis.

Pada kesempatan itu, Staf Gubernur Aceh, Iskandar A Gani berharap Sabang Marine Festival 2015 akan dapat memperkuat program yang sudah ada sebelumnya sehingga potensi wisata bahari Sabang dapat lebih dikenal dunia dan mampu mengundang lebih banyak wisatawan untuk datang ke Aceh melalui Sabang.

“Mudah-mudahan Sabang Marine Festival 2015 ini mampu pula memperkuat semangat kita untuk menjadikan Aceh sebagai poros Maritim Nasional di Ujung Barat Indonesia,” tukas Iskandar.

Ia juga menjelaskan dalam Lima tahun terakhir wisatawan ke Sabang terus meningkat [lihat data di bawah]. “Kita berharap akan terus meningkat dengan dukungan Kementerian pariwisata dan Event Sabang Marine Festival 2015 ini,” ujar Iskandar. [Aal]

Jumlah Wisatawan Ke Sabang Sejak 2011-2014, Sumber Pemerintah Aceh :

Tahun 2011 : 60.000 wisatawan
Tahun 2012 : 80.000 wisatawan
Tahun 2013 : 450.000 wisatawan
Tahun 2014 : 500.000 wisatawan

To Top