Sosial

Nelayan Aceh Akan Diberikan Bantuan, Asalkan …

ACEHTERKINI.COM | Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti mengajak seluruh nelayan di Provinsi Aceh untuk tetap menjaga hutan bakau (mangrove) dan tidak menangkap ikan dengan menggunakan bom.

“Kami akan menyalurkan bantuan kepada nelayan, namun sebelum penyaluran tersebut perlu adanya deklarasi agar tidak menebang bakau, tidak boleh mamakai trawl dan bom ikan,” katanya di Makam Syiah Kuala, Banda Aceh, Minggu (13/12/2015).

Nelayan Aceh Akan Diberikan Bantuan, Asalkan …
Menteri Perikanan dan Kelautan RI, Susi Pudjiastuti 

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela pertemuan dengan Panglima Laot (lembaga adat laut) seluruh Aceh yang berkumpul di komplek Makam Syekh Abdurrauf di Banda Aceh. Dalam pertemuan tersebut juga hadir Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh Besar, Gunawan.

Ia juga meminta agar nelayan di Tanah Rencong tersebut juga tidak menangkap lobster dan kepiting bertelur serta tidak menangkap lobster yang beratnya di bawah 2 ons.

“Jika lobster sedang bertelur diambil maka akan habis dan ini perlu dijaga agar keberlangsungannya terus terjaga. Jangan sampai kita nanti membeli lobster dari luar negeri,” katanya dilansir dari inilah.com.

Ia juga berpesan agar nelayan berhati-hati agar tidak menjual kapal ikan kepada pengusaha asing yang ingin memanfaatkan kesempatan agar bisa menangkap ikan di perairan Indonesia.

“Kita harus berhati-hati sebab ada temuan saat di cek dalam kapal tersebut bukan orang indonesia tapi orang asing yang sedang menangkap ikan,” katanya. [sad]

To Top