Peristiwa

Muhammad Teh, Warga Abdya Meninggal Dunia Tertimbun Longsor

ACEHTERKINI.COM | Muhammad Teh (50) warga Desa Adan, Kecamatan Tangan-Tangan, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) ditemukan tidak bernyawa karena tertimbun tanah longsor di areal pergunungan desa setempat. Tak hanya itu, akibat hujan deras disertai banjir, pondok tempat korban bernaung juga ikut tertimbun longsor.

Kepala Desa Adan, Wahidi yang dihubungi wartawan, Senin (14/12/2015) mengatakan, jasad korban yang tertimbun tanah longsor dilereng pergunungan, tepatnya dilokasi korban berkebun dengan jarak lebih kurang 6 kilo meter (Km) dari pemukiman penduduk. Korban telah di evakuasi pada Minggu (13/12/2015) malam sekitar pukul 22.30 wib.

Muhammad Teh, Warga Abdya Meninggal Dunia Tertimbun Longsor

“Sekitar pukul 22.30 wib, korban baru bisa kita evakuasi bersama dengan pihak Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK), Tim Sar, anggota Koramil dan Polsek termasuk warga setempat,” ungkapnya.

Dikatakan Wahidi, kejadian itu diperkirakan pada hari Sabtu (12/12/2015), saat itu hujan cukup deras melanda Kabupaten Abdya termasuk di Desa Adan, sehingga membuat pemukiman warga terendam banjir akibat luapan sungai.

“Saya terima laporan dari salah satu warga, bahwa di gunung ada sebuah pondok yang tertimbun longsor, lalu saya mengajak beberapa warga untuk ikut melihat kelokasi. Begitu sampai, ternyata sebuah pondok sudah tertimbun tanah longsor, termasuk juga korban ditemukan sudah tidak bernyawa lagi,” terang Wahidi.

Warga menemukan jasad korban, setelah melakukan penelusuran di lokasi, sehingga salah satu warga melihat sosok kepala manusia muncul dari tumpukan tanah longsor itu. “Karena sudah terlihat sosok kepala didalam timbunan longsor, saya meminta bantuan kepada warga untuk melakukan evakuasi malam itu juga,”ungkap Wahidi lanjut.

Lebih lanjut Wahidi mengungkapkan, almarhum meninggalkan satu orang anak yang masih duduk dibangku kelas III sekolah dasar, sehari-hari korban bekerja sebagai petani juga berkebun.

Kepala BPBK Abdya Anwar Daod, juga turut membenarkan kalau warga yang tertimpa tanah longsor di Desa Adan, Kecamatan Tangan-Tangan, Kabupaten Abdya itu, sudah di evakuasi. Korban yang bernama Muhammad Teh, Warga Desa Adan, Kecamatan Tangan-Tangan, sudah dikebumikan oleh pihak keluarga, Senin (14/12/2015). [Rizal]

To Top