Kesehatan

Makanan Ini Bisa Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Anda

ACEHTERKINI.COM | Tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah dan dapat menyebabkan serangan jantung, penyakit ginjal, stroke dan penyakit lainnya.

Makanan Ini Bisa Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Anda

Penyebab dibalik gangguan ini meliputi stress, asupan natrium tinggi dan diabetes. Tekanan darah tinggi tidak memiliki tanda-tanda spesifik, bahkan gejala tertentu. Penderita sering kali tidak mengetahui jika memiliki masalah ini.

Tindakan yang mesti dilakukan adalah dengan pemeriksaan teratur. Tekanan darah tinggi dapat diturunkan secara alami dengan memilih makanan yang tepat. Buah-buahan dan sayuran sangat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Dengan mengokonsumsi makanan yang rendah sodium dan tinggi kandungan kalium dapat mengobati hipertensi dan mengurangi resiko serangan jantung.

Dikutip dari laman boldsky, berikut makanan yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi :

Pisang
Pisang adalah makanan yang paling kaya dengan kalium dapat mengatur tingkat tekanan darah. Meningkatkan fungsi ginjal, membantu mengeluarkan natrium dari tubuh. Kentang dan semangka juga sumber kalium yang cukup baik.

Pepaya
Kandungan kalium yang ada dalam papaya sangat baik untuk kesehatan jantung. Pepaya mengadung mineral dan elektrolit yang mengontrol tekanan darah tinggi.

Selendri
Selendri membantu jantung dan vena berfungsi lebih baik, hal ini akan membantu menjaga dan mengontrol tingkat tekanan darah, dan membantu tingkat keseimbangan kadar gula darah. Selendri membantu dalam penurunan berat badan, dan mengurangi komplikasi yang timbul dari tekanan darah tinggi

Kacang Hijau
Kacang hijau mengatur tekanan darah dan mencegah resiko stroke dan penyakit jantung. Tingginya kandungan kalium yang ada di dalamnya sangat baik untuk mengatur tingkat tekanan darah dalam tubuh.

Kacang Kapri
Kacang kapri mengandung protein dalam jumlah tinggi, yang dapat menurunkan kadar kolestrol, melawan tekanan darah tinggi dan penyakit ginjal kronis. Ini juga merupakan sumber vitamin dan asam folat yang mendukung sistem kardiovaskular secara keseluruhan.

Yoghurt
Yoghurt mengandung potasiium, magnesioum dan kalsium yang menjaga kandungan lemak dalam tubuh kita tetap rendah, hal ini akan mengatur efektif tekanan darah. Menurut penelitian orang yang makan Yoghurt secara teratur berada pada resiko yang kebih rendah tekanan darah tinggi.

Biji Bunga Matahari
Biji bunga matahari dikenal untuk menurunkan tingkat tekanan darah, karena kandungan vitamin D yang tinggi. Disamping merupakan sumber protein dan serat yang baik. Biji bunga matahari melepas peptide yang menghambat produksi enzim untuk mengontrol tingkat tekanan darah.

[Vivanews]

To Top