Nasional

Lima Kabupaten Kota di Aceh Ditunda Penyaluran Dana Desa

ACEHTERKINI.COM | Kementerian Keuangan menunda penyaluran tahan ke III Dana Desa tahun 2015 untuk lima kabupaten kota di Aceh. Alasannya sebagaimana dilansir laman kemenkeu, Minggu (20/12/2015), karena belum menyerahkan laporan penggunaan dana desa tahap I dan II.

Lima kabupaten kota tersebut adalah, Kabupaten Aceh Singkil, Kabupaten Simeulue, Kota Sabang, Kota Langsa dan Kabupaten Aceh Tamiang.

Lima Kabupaten Kota di Aceh Ditunda Penyaluran Dana Desa

Batas akhir penyampaian laporan penggunaan dana desa tahap ke I dan II itu paling lambang 18 Desember 2015. Karena lima kabupaten kota di Aceh belum melaporkan dana tersebut, maka penyaluran dana desa tahap ke III ditunda.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Boediarso Teguh Widodo mengatakan, dari 434 daerah penerima dana desa tahap pertama, baru 207 daerah yang melapor kepada pemerintah.

Sementara tahap kedua, baru 35 daerah yang melapor. ”Padahal realisasi dana desa per 21 Oktober sudah Rp16,61 triliun atau 80 persen dari pagu sebesar Rp20,77 triliun,” ujarnya di kantornya di Jakarta kemarin.

Dia beralasan, penundaan pencairan dana desa tahap ketiga dilakukan karena masih banyak daerah yang belum memberikan laporan kepada pusat. Sementara itu, penyaluran dana desa dari rekening kas umum daerah (RKUD) ke rekening kas desa sejauh ini yang dilaporkan baru Rp3,3 triliun. [Red]

To Top