Layanan Publik

Layanan Jasa Kepelabuhanan, BPKS Terapkan Peraturan Baru

ACEHTERKINI.COM | Untuk meningkatkan pelayanan jasa kepelabuhanan, Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS), Selasa (1/12/2015) melaksanakan sosialisasi sistem alur dan prosedur kerja kepelabuhanan.

Menurut Kepala Unit Manajemen Pelabuhan BPKS, Zulkarnaini Abdulah, Sosialisasi ini penting dalam rangka memudahkan kerja dan peningkatan pelayanan BPKS khusus dibidang Kepalabuhanan.

“Lahirnya prosedur kerja kapal barang dan prosedur petunjuk pelaksanaan dan tarif layanan jasa kepelabuhanan, tidak lahir begitu saja, tetapi telah melalui berbagai proses dan tahapan,” katanya.

Layanan Jasa Kepelabuhanan, BPKS Terapkan Peraturan Baru

Proses yang dimaksud Zulkarnaini yakni lahirnya Peraturan itu tentunya mengikuti aturan main yang berlaku seperti Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 03 Tahun 2013 tentang Pelimpahan Kewewenang Bidang Perhubungan Laut kepada Dewan Kawasan Sabang PP 105 tentang Badan Layanan Umum BPKS.

“Penetepan tarif juga telah melalui beberapa studi kompartif, pertimbangan azas kepatutan, persaingan sehat. BPKS juga telah melakukan beberapa kali pertemuan dengan mitra usaha yang mempertimbangkan service level agrement dan service level guarantine dan telah dikonsultasi baik dengan kementrian perhubungan dan kemenkeu,” jelasnya.

Sehingga, dengan telah dilakukan berbagai tahapan, maka menurutnya penerapan Peraturan Kepala BPKS itu telah melalui mekanisme dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kegiatan ini sangat penting dilakukan dalam rangka BPKS akan menerapkan Peraturan Kepala BPKS Nomor 2 Tahun 2015 tentang Prosedur Kerja Pelaksanaan dan Tarif Pelayanan Jasa Kepelabuhanan dan Peraturan Kepala BPKS Nomor 3 Tahun 2015 Tentang Prosedur Kerja Kapal dan Barang/Dermaga di lingkungan Pelabuhan BPKS.

Sebelumnya, Kepala BPKS Ir Fauzi Husein yang diwakili Deputi Komersial Syafruddin Chan, menambahkan dengan diberlakukannya dua Peraturan Kepala BPKS tersebut, maka Unit Manajemen Kepelabuhan BPKS dapat meningkatkan pelayanan kepelabuhan.

“Semakin baiknya pelayanan maka semakin baik pula terhadap pendapatan,” kata Fauzi.
       
Dalam kesempatan tersebut ia juga mengakui bahwa berbicara tentang bisnis, Pelabuhan tidak hanya berfungsi sebagai jasa pelabuhan barang ataupun jasa export dan Import tapi justru juga dapat dikembangkan sebagai Pelabuhan Turism atau pelabuhan Wisata yang juga akan menjadi tren atau perkembangan bisnis jasa Kepelabuhan. [Ari]

To Top