Layanan Publik

Lampu Runway Kembali Normal, Bandara Malikussaleh Beroperasi Lagi

ACEHTERKINI.COM | Lampu Runway di Landasan Bandara Malikussaleh Lhokseumawe normal kembali setelah mengalami kerusakan akibat termakan usia. Kini, pesawat kembali bisa melakukan landing di bandara tersebut.

Bupati Aceh Utara H. Muhammad Thaib melalui Kabag Humas Drs. Amir Hamzah kepada acehterkini, Rabu (16/12/2015), mengatakan, lampu Runway di landasan bandara tersebut normal setelah diperbaiki kemarin. Sebelumnya lampu itu tidak dapat difungsikan.

Lampu Runway Kembali Normal, Bandara Malikussaleh Beroperasi Lagi
Bandara Malikussaleh [Ilustrasi] 

“Sebelumnya pesawat gagal landing (mendarat) akibat lampu ini rusak, lebih-lebih dimalam hari. Banyak pesawat gagal Landing dari Bandara Kuala Namu ke Bandara Malikussaleh dan sebaliknya. Pada Febuari 2015 lalu juga gagal mendarat saat Bupati bersama PT. Manajemen Garuda meresmikan bandara,” kata Amir Hamzah.

Bandara yang dibangun pada tahun 80-an silam oleh PT. Arun NGL ini memiliki panjang landasan 1.850 meter. Lampu landasan kini sudah bisa berfungsi setelah diperbaiki oleh Dinas Perhubungan, Kebudayaan dan Pariwisata (Dishubbudpar) Aceh Utara. Perbaikan lampu ini memakan waktu agak sedikit lama, dikarenakan memakai tenaga tehnik dari PT. Arun NGL.

Bupati Aceh Utara H. Muhammad Thaib, berharap, Dishubbudpar setempat terus melengkapi fasilitas di Bandara tersebut guna untuk kelancaran penerbangan serta demi kenyamanan penumpang.

Kepala Dishubbudpar, Drs. F. Badli, saat dihubungi acehterkini, menjelaskan, pihaknya meyakini tidak ada lagi kendala bagi bandara itu setelah diperbaiki lampu Runway.

“Ini tidak ada kendala lagi saya rasa. Lampu Runway memang yang menjadi kendala dari dulu,” tutup Badli. [Jamal]

To Top