Layanan Publik

Kementerian Agama Siapkan Regulasi Minimal Biaya Umrah

ACEHTERKINI.COM | Kementerian Agama tengah menyiapkan regulasi batas minimal biaya umrah. “Pasalnya, selama ini ditemukan beberapa travel umrah yang menawarkan biaya yang sangat murah dan tidak masuk akal,” ujar Lukman Hakim Saifuddin, Senin (14/12/2015).

Lukman mengatakan, Kementerian Agama banyak ditemukan travel umrah yang menawarkan tarif begitu murah. Misalnya, dengan biaya di bawah 1000 USD.

Kementerian Agama Siapkan Regulasi Minimal Biaya Umrah
Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Agama RI 

Padahal dengan biaya tersebut sangat tidak mungkin untuk melaksanakan umrah. Ini dikarenakan untuk biaya pesawat dan hotel saja tidak cukup.

“Untuk itu perlunya batas minimal biaya umrah. Dan kementerian agama sedang melakukan perhitungan terkait biaya minimal tersebut,” kata dia.

Selain menetapkan biaya minimal umrah,  Kemenag juga akan menjalin kerjasama dengan Kedubes Saudi Arabia dalam proses  pengeluaran visa jamaah umrah. Hal ini sebagai bagian perlindungan dan pengawasan bagi jamaah umrah.

Ke depan, proses pengeluaran visa baru bisa dilakukan setelah seluruh persyaratan terpenuhi. Misalnya, memiliki tiket return (pulang pergi),  hotelnya harus jelas,  jadwal selama berada di Tanah Suci juga pasti.

Menurut Lukman, Kementerian Agama akan mengambil tindakan tegas dengan mencabut izin travel dan biro umrah yang nakal. Bahkan, jika ada indikasi kuat tindak pidana, maka biro travel nakal tersebut juga akan diproses secara hukum.

“Beberapa biro travel sudah kita lakukan seperti itu. Sebab kita sudah menjalin MoU dengan pihak Polri bagaimana polisi menindaklanjuti temuan yang ada indikasi kuat sebagai tindak pidana,” katanya. [rol]

To Top