Layanan Publik

Jelang Akhir Tahun, SKPK Abdya Ikut Sosialisasi LPPD

ACEHTERKINI.COMMenjelang berakhirnya tahun 2015, sejumlah Kepala Bidang (Kabid) Program dan Operator di tingkat Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) Aceh Barat Daya (Abdya) termasuk kantor kecamatan, mengikuti acara sosialisasi penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD).


Acara yang berlansung di Aula Dinas Kesehatan (Dinkes) Abdya, Kamis (10/12/2015) itu dibuka lansung oleh Plt Sekda Abdya Drs Thamren didampingi Kabag Pemerintahan Setdakab Musyawir dengan menghadirkan dua orang narasumber yakni Ruslan SAg MGPP selaku Kasubbag Pengendalian dan Evaluasi pada Biro Tata Pemerintahan Setda Aceh, kemudian Farhan Fajar SSTP MPA selaku Kasubbag Pengembangan Otonomi Daerah pada Biro Tata Pemerintahan Setda Aceh.

Jelang Akhir Tahun, SKPK Abdya Ikut Sosialisasi LPPD
Plt. Sekda Abdya Drs Thamren mengatakan, dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah, kepala daerah diwajibkan untuk menyampaikan LPPD kepada pemerintah pusat melalui Gubernur. 

Dimana LPPD itu merupakan salah satu laporan kepala daerah dalam menjalankan urusan kepemerintahan di daerah yang telah terlaksana selama satu tahun, untuk selanjutnya diperiksa dan dievaluasi.

LPPD ini merupakan amanah dari Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, bertujuan untuk menciptakan pemerintahan yang bersih, bertanggung jawab serta mampu menjawab tantangan perubahan secara efektif dan efesien sesuai dengan prinsip tata pemerintahan yang baik.

Oleh karena itu, lanjut Thamren, sosialisasi dimaksud dapat tersusun secara baik dan sistematis serta mengacu pada teknis penyusunan yang benar, sehingga laporan yang disampaikan lebih berkualitas dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Karena itu, kita harus segara mempersiapkan penyesuaian kelembagaan, tata kelola dan sumber daya manusia terkait berlakunya Undang-Undang tersebut,” papar Thamren.

Berkaitan dengan hal itu, maksud dan tujuan diadakan kegiatan tersebut, agar para peserta dapat mengetahui dan memahami dengan benar LPPD sesuai UU No 23 tahun 2014, supaya diimplementasikan dalam  penyelenggaraan pemerintah daerah guna tercapainya kesejahteraan rakyat.

“Kami berharap, peserta sosialisasi dapat benar-benar memahami apa yang disampaikan oleh narasumber dan mampu melaksanakannya disetiap SKPK dengan penuh tanggung jawab,” demikian Thamren.

Secara singkat, Kabid Pemerintahan Setdakab Abdya Musyawir, usai pembukaan sosialisasi dimaksud, menjelaskan, kegiatan ini merupakan langkah konkrit dalam menciptakan pemerintah kabupaten yang lebih baik lagi kedepannya.

Adapun materi yang disampaikan narasumber nantinya, yakni mengenai LPPD, kemudian tentang Laporan Kegiatan Pertanggung Jawaban (LKPJ) dan Evaluasi Kemampuan Pelaksana Otonomi Daerah.

“Kita melaksanakan kegiatan ini, agar LPPD dapat tersusun secara baik dan sitematik serta mengacu pada teknis yang benar,” katanya singkat. (Rizal)

To Top