Kesehatan

Ini 25 Manfaat Bangun Pagi Bagi Kesehatan Tubuh

ACEHTERKINI.COM | Bangun pagi ternyata banyak memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Berbahagialah bagi orang yang memiliki kebiasaan untuk bangun di pagi hari. Seseorang yang memiliki kebiasaan untuk bangun pagi akan lebih sukses daripada orang yang sering bangun kesiangan.

Tidak ada salahnya jika kita membiasakan untuk bangun di pagi hari, seseorang yang terbiasa untuk bangun pagi dapat mengatur dan menyelesaikan aktivitas dengan mudah tanpa harus merasa terburu-buru.

Ini 25 Manfaat Bangun Pagi Bagi Kesehatan Tubuh

Memang bukan perkara yang mudah untuk bisa bangun lebih awal di pagi hari, banyak orang lebih memilih untuk begadang dalam menyelesaikan tugas mereka daripada menyelesaikannya pada pagi hari. Berikut ini dalam berbagai macam manfaat dari bangun pagi yang dikutip dari berbagai sumber:

Tubuh Segar
Saat bangun pagi hari, tubuh akan merasakan segar. Hawa dan manfaat udara di pagi hari bisa menyegarkan tubuh.

Mendapatkan Udara Segar
Manfaat bangun pagi hari, kita akan mendapatkan udara yang segar dibandingkan dengan udara di siang hari. Udara segar sangat bermanfaat dalam pernafasan dibandingkan dengan udara yang telah bercampur dengan polusi kendaraan dan polusi pabrik.

Melancarkan Peredaran Darah
Dengan menghirup udara pagi, kita bisa melancarkan peredaran darah. Udara bersih yang masuk ke dalam tubuh membuat aliran darah menjadi lancar karena manfaat oksigen yang masuk ke dalam tubuh adalah oksigen paling baik.

Otak Berfungsi Maksimal
Aliran darah yang maksimal dengan aliran oksigen ke otak yang lancar bisa meningkatkan dan memaksimalkan fungsi otak.

Meningkatkan Daya Ingat
Jika otak berfungsi secara maksimal, memori otak akan meningkat. Hal itulah yang bisa membuat daya ingat seseorang bisa meningkat. Orang tua yang sering bangun pagi dan menghirup udara di pagi hari tidak akan mudah lupa atau pikun dibandingkan dengan orang yang tidak pernah bangun pagi dan menghirup udara pagi.

Menyehatkan Paru-Paru
Saat organ pernafasan diberi oksigen yang kualitas bagus, organ pernafasan pun akan menjadi sehat, termasuk paru-paru. Udara bersih yang masuk ke dalam tubuh tidak akan mengotori paru-paru, berbeda halnya saat paru-paru menghirup udara kotor penuh polusi. Udara itu akan bisa mengotori paru-paru dan menyebabkan berbagai macam penyakit paru-paru misalnya saja flek paru-paru dan masih banyak lagi lainnya.

Menyehatkan Jantung
Jika peredaran darah menjadi lancar, organ yang lainnnya bisa menjadi sehat, misalnya saja adalah jantung. Berbagai macam penyakit jantung disebabkan oleh aliran darah dan oksigen yang sedikit ke jantung. Jika aliran darah dan oksigen ke jantung lancar, maka jantung pun bisa sehat dan menjalankan fungsinya secara maksimal.

Sistem Imun Meningkat
Udara pagi yang dihirup saat pagi hari bisa membuat sistem imun di dalam tubuh akan semakin meningkat. Hal itu dikarenakan udara pagi sangat bagus untuk pembentukan zat antibodi yang maksimal. Zat antibodi itulah yang bermanfaat dalam pembentukan sistem imun dan meningkatkan sistem imun.

Terhindar Dari Penyakit Kuning
Sinar matahari mengandung manfaat vitamin D, pukul setengah enam sampai dengan pukul sembilan cahaya matahari sangat baik untuk kesehatan. Setelah pukul 9 pagi lindungi diri anda dari cahya matahari.Karena pada pukul tersebut, sinar matahari bersifat racun dan bisa merusak sel-sel di permukaan kulit.

Menghirup udara pagi dan membiarkan tubuh terpapar oleh manfaat matahari pagi bisa membuat anda terhindar dari penyakit kuning. Begitu pula dengan bayi. Bayi sangat rentan untuk terkena penyakit kuning, penyakitt kuning adalah penyakit dimana kulit tubuh menjadi kuning dan keriput. Penyakit kuning bisa disebabkan oleh kurangnya vitamin D di dalam tubuh.

Menjaga Kesehatan Tulang
Sinar matahari juga kaya akan kalium, kalium sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang. Kandungan kalium yang masuk ke dalam tubuh bisa membuat tulang anda menjadi sehat dan terhindar dari kerapuhan dan pengeroposan tulang. Jika tulang sehat dan terjaga, tulang bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Wanita yang sering berjemur di pagi hari akan terhindar dari osteoporosis dibandingkan dengan wanita yang tidak pernah berjemur untuk mendapatkan vitamin D.

Kulit Awet Muda
Kandungan vitamin D yang ada di dalam sinar matahari bisa membuat kulit menjadi awet muda karena sel-sel kulit mati bisa terkelupas dari permukaan kulit. Manfaat bangun pagi dengan merasakan matahari mengandung vitamin D2 dan D3, bisa mencegah gangguan pada kulit.

Meningkatkan Metabolisme Tubuh
Vitamin D selain mengandung kalium juga mengandung kalsitriol. Kandungan kalsitriol bermanfaat dalam metabolisme tubuh. Kalsitriol bermanfaat untuk memudahkan kalsium untuk terserap ke tulang. Tulang dan tubuh membutuhkan kalsium untuk proses metabolisme. Jika metabolisme turun dan terganggu, akibatnya tubuh akan mengalami penurunan. Penurunan kognitif tidak boleh dibiarkan karena bisa merusak berbagai macam organ di dalamnya.

Pencegahan Kanker Payudara
Wanita akan sangat rentan untuk terkena kanker payudara. Kanker payudara menjadi momok bagi banyak wanita. Banyak kasus kanker payudara yang berakhir dengan kematian. Tentu mencegah lebih baik daripada mengobati, mencegah bisa menggunakan vitamin D yang ada di dalam sinar matahari. Berjemur di pagi hari bisa mencegah sel kaner payudara.

Menyembukan Penyakit Osteomalacia
Osteomalacia adalah proses pembentukan lapisan mineral yang ada di dalam tulang. Tulang terbentuk dari lapisan-lapisan pendukungnya sehingga tulang tidak akan mudah patah karena terbentuk dari lapisan-lapisan. Penyakit ini sama dengan osteoporosis. Kandungan vitamin D yang ada di dalam sinar matahari bisa mengobati penyakit osetomalacia.

Perbedaannya dengan penyakit osteoporosis adalah jika osteoporosis bisa menyerang orang yang sudah lanjut usia sedangkan osteomalacia bisa menyerang orang dewasa dengan usia di atas dari 20 tahun.

Mencegah Rakhtitis
Membiasakan anak bangun pagi dan berjemur di bawah sinar matahari minimal 15 menit bisa mencegah penyakit rakhitis pada anak. Anak-anak sudah mengalami pertumbuhan di susunan tulangnya. Saat usia ini, anak-anak membutuhkan asupan yang cukup untuk kesehatan tulangnya.

Anda sebagai orang tua jangan memberikan makanan yang hanya disukai anak saja, namun usahakan untuk memberikan makanan yang kaya akan nutrisi.

Berilah berbagai manfaat sayuran dan ajarkan kepada anak kebiasaan baik dan sehat. Anak mudah untuk terkena penyakit rakhitis, rakhitis adalah suatu kondisi dimana tulang tidak terbentuk dengan sempurna dan susunan tulangnya juga tidak sempurna. Ajaklah anak untuk berjemur di bawah sinar matahari saat bangun pagi minimal 15 menit.

Membangkitkan Semangat
Secara psikologis, menghirup udara pagi dan bangun pagi bisa menciptakan energi positif di dalam tubuh. Manfaat bangun pagi akan lebih bersemangat dibandingkan dengan orang yang bangun saat siang hari. Lihatlah perbedaan muka orang yang selalu bangun pagi dan orang yang bangun siang.

Manfaat bangun pagi pada bagian mukanya akan berseri-seri karena bersemangat sedangkan wajah orang yang bangun saat siang hari akan memiliki wajah yang kusut dan kurang bersemngat.

Orang yang bangun siang pun rasanya masih ogah-ogahan untuk bangun, berbeda dengan orang yang bangun pagi. Dia akan memulai harinya dengan semangat.

Produktivitas Meningkat
Saat seseorang menjadi semangat, produktivitas kerjanya pun akan meningkat. Berbeda halnya dengan orang yang bangun saat siang hari. Dia tidak memiliki semangat seperti orang yang bangun pagi. Oleh sebab itulah, jika dibandingkan dengan orang yang bangun saat siang hari, produktivitas kerja orang yang bangun pagi hari lebih banyak.

Mencegah Penyakit Kanker Kulit
Kandungan vitamin D pada sinar matahari sebelum jam 9 bisa mencegah penyakit kanker kulit. Hal itu dikarenakan sinar matahari bisa mencegah sel kanker kulit di dalam kulit. Dengan sinar matahari yang masuk ke dalam jaringan kulit bisa membuat kulit menjadi sehat.

Menurunkan Kolesterol
Jika aliran darah di dalam tubuh lancar, anda bisa menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Hal itu dikarenakan sinar matahari dari manfaat bangun pagi dan juga oksigen terbaik, bisa membuat aliran darah dan oksigen di dalam tubuh menjadi lancar.

Memiliki Mood yang Bagus
Manfaat bangun pagi setiap hari bisa memberikan mood yang bagus. Hal itu dikarenakan bangun pagi bermanfaat untuk pembentukan hormon serotonin yang bisa menciptakan suasana hati dan juga keseimbangan mental di dalam tubuh yang baik. Agar memiliki mood dan suasana hati yang bagus, sebaiknya anda membiasakan diri untuk bangun pagi.

Relaksasi
Manfaat bangun pagi hari juga berguna sebagai relaksasi. Hal itu dikarenakan saat pagi hari dan mencium udara pagi membuat tubuh menjadi tenang. Tidak hanya tubuh saja yang tenang, namun hati dan pikiran pun menjadi tenang, Sehingga bangun pagi cocok dijadikan sebagai sarana relaksasi.

Membentuk Sikap Positif
Bangun pagi bisa membentuk sikap positif dalam diri, hal itu dikarenakan saat bangun pagi anda bisa melalui semua akitivitas yang harus dilakukan dengan baik dan tanpa tergesa-gesa. Bisa dibayangkan bagaimana jadinya jika bangun siang, kemudian menjadi badmood sepanjang hari. Penyebabnya adalah mandi tergesa-gesa, makan tergesa-gesa, berangkat kerja tergesa-gesa, belum jika ada dompet dan barang anda yang ketinggalan di rumah. Anda bisa semakin badmood dan uring-uringan.

Meningkatkan Vitalitas
Selain meningkatkan produktivitas, bangun pagi dan menghirup udara pagi bisa meningkatkan vitalitas bagi seseorang.

Membakar Kalori
Saat yang tepat untuk berolahraga adalah saat pagi hari, semakin pagi anda bangun maka semakin banyak kalori yang anda bakar saat anda olahraga. Kalori di dalam tubuh dan berlebihan tidak baik karena bisa membuat berbagai macam gangguan kesehatan di dalam tubuh.

Mendatangkan Rezeki
Orang yang terbiasa bangun pagi, dia akan memiliki rezeki yang baik. Sebab orang yang bangun pagi bisa menjemput rejekinya lebih cepat dan lebih awal dibandingkan dengan orang yang bangun siang. Contohnya saja begini, seorang pedagang yang bangun lebih pagi akan memiliki kesempatan untuk menjajakan dagangannya lebih awal. Sehingga dia bisa menyambut datangnya pelanggan lebih awal dibandingkan degan pedagang yang bangun siang atau menjajakan dagangannya siang hari.

Bangun pagi memiliki banyak manfaat, jika banyak orang tahu manfaatnya, tentu banyak orang yang memilih bangun pagi dibandingkan dengan bergadang dan bangun siang. Namun ada kondisi tertentu yang mengharuskan seseorang bangun siang. Misalnya saja adalah seorang satpam atau seorang pekerja yang bekerja di shift malam, dia tidak akan pernah merasakan manfaat dari bangun pagi. [Red]

To Top