Sosial

Hari Nusantara, Gubernur Aceh Ingin Angkat Potensi Sumber Daya Maritim

ACEHTERKINI.COM | Gubernur Aceh, Zaini Abdullah mengatakan Aceh harus dapat menempatkan dirinya kembali menjadi poros maritim Indonesia di Asia Tenggara seperti masa kegemilangan Kerajaan Aceh sejak abad ke-16.

Hal ini dikatakan Zaini Abdullah saat membuka Pameran Nusantara 2015 di Pelabuhan Perikanan Lampulo, Banda Aceh, Rabu (9/12/2015).

Hari Nusantara, Gubernur Aceh Ingin Angkat Potensi Sumber Daya Maritim
Zaini Abdullah

“Fakta sejarah menunjukkan bahwa kejayaan maritim nusantara dipengaruhi oleh Kerajaan Aceh yang memberi perhatian penting kepada potensi kemaritiman termasuk Selat Melaka,” kata Gubernur Aceh.

Menurut gubernur, peringatan Hari Nusantara di Aceh pada kali ini harus dapat menanamkan kembali pemahaman Wawasan Nusantara kepada masyarakat, termasuk sumber daya alam kelautan dan potensi di dalamnya.

Aceh dengan kawasan perairan laut yang luas kata Gubernur, mempunyai potensi maritim yang sangat baik jika semua pihak dapat mengelolanya dengan optimal.

Masih dikatakan Zaini, peringatan Hari Nusantara seharusnya tidak hanya sekedar seremonial, tetapi harus dapat membangkitkan kembali semangat Deklarasi Djuanda pada 58 tahun lalu untuk merajut dan memperkuat kembali Indonesia dalam sebuah kesatuan yang utuh di bawah bingkai NKRI. [asp]

To Top