Ekonomi

Gunakan APBK Rp1,9 Miliar, Distannak Abdya Bagi Bibit Padi

ACEHTERKINI.COM | Dengan menyerap Anggaran Pendapatan Belanja Kabupaten (APBK) tahun 2015 sebesar Rp.1,9 miliar lebih, Dinas Pertanian dan Peternakan (Distannak) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), menyalurkan 164 ton benih padi kepada para petani dalam kabupaten setempat melalui kelompok tani, Selasa (8/12/2015).

Kepala Distannak Abdya, Maswadi menyebutkan, ada 333 kelompok tani yang menjadi target penyaluran benih dan yang memiliki areal persawahan produktif di sembilan kecamatan. Adapun jenis benih yang disalurkan itu berupa Ciherang, Sigeulis, Mikongga dan Mira I.

Gunakan APBK Rp1,9 Miliar, Distannak Abdya Bagi Bibit Padi
Kadistannak Abdya, Maswadi menyerahkan benih unggul secara simbolis kepada Ketua Kelompok Tani Makmur I, Desa Meunasah, Kecamatan Susoh, Kabupaten Abdya, Selasa (8/12/2015). [Rizal]

Dalam Qanun Nomor 13 Tahun 2013 Tentang Tata Ruang Abdya, luas lahan baku sawah basah di Abdya mencapai 8.904 hektar lebih dan lahan kering untuk areal pertanian mencapai 13.808 hektar lebih yang semua jumlah luas lahan itu terbagi ke dalam sembilan kecamatan dalam kabupaten setempat.

Dikatakannya, benih padi yang tersedia sudah mencapai 100 persen. Selain pengadaan dari ABPK Abdya, benih bantuan dari pemerintah pusat bersumber dari APBN sebanyak 91 ton lebih juga telah disalurkan beberapa waktu lalu kepada petani.

“Benih ini tidak bolah dijual. Akan tetapi harus segera disemai, sehingga jadwal tanam serentak tidak molor dari jadwal yang telah disepakati yaitu pada pertengahan Desember ini,” tuturnya. (Rizal)

To Top