Layanan Publik

Dana Desa Bisa Diprioritaskan Untuk Bangun PAUD

ACEHTERKINI.COM | Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), sebenarnya sangat penting bagi setiap desa. Setidaknya dengan adanya PAUD sudah membantu pemerintah ditingkat jenjang pendidikan anak. Bahkan dalam anggaran desa yang bersumber dari APBN juga bisa diprioritaskan untuk mendukung PAUD.

Hal tersebut disampaikan Kasi TK dan PAUD Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Aceh Utara, Husniah, S.Pd, saat berbincang dengan media ini, Senin (14/12/2015).

Dana Desa Bisa Diprioritaskan Untuk Bangun PAUD
Husniah

“Ya, PAUD itu kan juga kebutuhan sosial dasar masyarakat bidang pendidikan. Bahkan, dalam aturan dana desa bisa diprioritaskan untuk pembangunan PAUD,” katanya.

Menurut perempuan yang akrab disapa Buk Canden ini, masih banyak masyarakat didaerah tertinggal yang belum memahami sepenuhnya tentang PAUD, sehingga kebutuhan dasar untuk bidang pendidikan itu tidak diutamakan oleh sebagian masyarakat di desa-desa .

Di Kabupaten Aceh Utara, lanjut Buk Canden, ada 852 desa. Namun yang sudah memiliki PAUD sekitar kurang lebih 355 desa.

“Diantaranya ada juga desa yang memilii lebih dari satu PAUD contohnya seperti Lhoksukon. Dalam hal ini, kita juga masih perlu melakukan koordinasi untuk proses peningkatan pendidikan usia dini didesa-dsea,” ujar Buk Canden.

Ia menambahkan, kedepan mulai tahun 2016, pihaknya akan berupaya membuat pemahaman untuk masyarakat dalam prioritas pendidikan. “Nanti 2016 diprioritaskan setiap desa satu PAUD, nanti juga dibuat pengukuhan untuk Bunda PAUD yang masing-masing dikepalai oleh Ibu Geusyik (Ibu kepala desa),” tambah dia. [Jamal]

To Top