Layanan Publik

Bupati Abdya Bilang Kerugian Banjir Rp24 Miliar, Janji Bangun Fasilitas yang Rusak

ACEHTERKINI.COM | Pasca Banjir yang melanda Aceh Barat Daya (Abdya) sekitar delapan hari yang lalu, Bupati Abdya Jufri Hasanuddin, Sabtu (19/12/2015) baru melakukan kunjungan kesejumlah lokasi bencana banjir luapan tersebut. Ia memperkirakan kerugian banjir Rp24 miliar.

Bupati Abdya bersama dengan Ketua DPRK Abdya Zulkifli Isa mewakili Kepala PU Abdya Amiruddin, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Maswadi, Kepala BPBK Abdya Anwar Daud, Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Herman Suriadi, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Drs Muslim, Kepala Dinas Sosial Drs Yafrizal, juga sejumlah anggota DPRK melakukan tinjauan kesejumlah lokasi pasca banjir yang pekan lalu menerjang Abdya dan sekitarnya.

Bupati Abdya Bilang Kerugian Banjir Rp24 Miliar, Janji Bangun Fasilitas yang Rusak
Bupati Abdya, Jufri Hasanuddin mengunjungi salah satu rumah warga yang rusak dihantam banjir [Rizal]

Bupati Jufri dan rombongan meninjau tebing sungai yang rusak di Desa Alue Selaseh, Kecamatan Jeumpa. Kemudian Jembatan amblas di Desa Ujong Tanoh, Kecamatan Setia, selanjutnya berta’ziah kerumah Muhammad Teh, warga yang meninggal tertimbun lonsor di Desa Adan, Kecamatan Tangan-Tangan.

Selanjutnya meninjau 5 unit rumah rusak di Desa Suka Damai, Kecamatan Lembah Sabil yang diterjang arus air akibat jebolnya tanggul pengaman tebing sungai. Dilokasi rumah warga yang rusak tersebut, Bupati Abdya Jufri Hasanuddin meminta kepada instansi terkait dalam hal ini PU Abdya, agar segera membangun kembali 4 unit rumah yang rusak pada bulan Januari 2016 mendatang, kemudian merehap satu unit rumah.

Sebelum di jamu makan siang, Bupati Jufri dan rombongan menyempatkan diri mengunjungi Jembatan patah di Desa Kuta Paya, Kecamatan Lembah Sabil.

Dalam kesempatan itu, Bupati Abdya Jufri Hasanuddin memprediksi kerugian ditaksir 24 milyar akibat bencana itu. Bupati berjanji akan membangun kembali sejumlah fasilitas yang rusak di Abdya.

Terkait dengan kunjungan hari kedelapan, Bupati Jufri mengaku kalau saat itu ia sedang berada diluar daerah untuk urusan anggaran, namun pihaknya tetap sudah mengintruksikan sejumlah pejabat di daerah untuk segera turun kelapangan dan memeriksa sejumlah infrastruktur yang rusak.

“Meski kita diluar daerah, namun kita tetap melakukan pemantauan, tapi saya rasa Abdya sangat responsip terhadap persoalan bencana,” katanya singkat saat diwawancarai acehterkini. (Rizal).

To Top