Sosial

BPBD Aceh Besar Sosialisasikan Penanggulangan Bencana Kepada Relawan

ACEHTERKINI.COM | Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Besar melakukan sosialisasi pengurangan resiko bencana untuk relawan. Kegiatan ini digelar di Pos Damkar Sibreh, Kecamatan Sukamakmur, Rabu (23/12/2015).

Kepala BPBD Kabupaten Aceh Besar, Ridwan Jamil menjelaskan, kegiatan ini diikuti ratusan relawan penanggulangan bencana dari 23 kecamatan di Aceh Besar. Tujuannya untuk meningkatkan keterlibatan dan peran relawan dalam kegiatan penanggulangan bencana serta meningkatkan kapasitas relawan agar dapat bekerja dengan terkoordinasi dan efektif.

BPBD Aceh Besar Sosialisasikan Penanggulangan Bencana Kepada Relawan
Sosialisasi Penanggulangan Bencana di Aceh Besar, 23 Desember 2015 [Ist]

“Sosialisasi ini  menghadirkan sejumlah pemateri dari Badan Penanggulangan Bencana Provinsi Aceh dan peserta akan mendapatkan berbagai pengetahuan tentang kebencanaan,” katanya.

Kegiatan yang dibuka Bupati Aceh Besar, Mukhlis Basyah berlangsung selama satu hari. Pada kesempatan itu bupati mengatakan, Kabupaten Aceh Besar termasuk dalam peta wilayah rawan bencana di Aceh.

Sebagai daerah yang memiliki kondisi geografis dan demografis ini memungkinkan terjadinya bencana yang bisa saja datang secara tiba-tiba tanpa diduga. Untuk itu diharapkan kepada masyarakat khususnya relawan penanggulangan bencana agar siap untuk siap dan selalu waspada agar dapat bergerak cepat melakukan langkah penanggulangan dan mitigasi manakala bencana datang menghadang.

“Peran relawan tidak hanya dibutuhkan pada saat terjadi bencana tapi juga penting saat pra bencana terutama untuk kegiatan sosialisasi pengetahuan tentang kebencanaan kepada masyarakat dan juga saat pasca bencana,” tutur Mukhlis Basyah. [Red]

To Top