Ekonomi

Beasiswa Dosen IAIN Cot Kala Langsa Rp297 Juta Disalurkan

ACEHTERKINI.COM | Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Zawiyah Cot Kala Langsa telah menyalurkan beasiswa sebesar 297 Juta Rupiah untuk enam orang Dosen yang melanjutkan pendidikan Pascasarjana di dalam dan luar negeri.

Demikian disampaikan Rektor IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa, Dr. H. Zulkarnaini, MA melalui Humas, Mulyadi Nurdin, Lc, MH, Selasa (1/12/2015).

Beasiswa Dosen IAIN Cot Kala Langsa Rp297 Juta Disalurkan
Rektor IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa, Zulkarnaini

Mulyadi Nurdin menjelaskan bahwa dari enam orang dosen yang sedang mendapat beasiswa tersebut, empat di antaranya kuliah di dalam negeri, dua orang di luar negeri yakni di Malaysia, besaran beasiswa pun berbeda sesuai dengan biaya hidup setempat.

“Besaran beasiswa ditetapkan oleh Kementerian Agama pusat sesuai dengan standar yang berlaku, setelah menghitung semua biaya yang dibutuhkan,” jelas Mulyadi Nurdin mengutip penjelasan Rektor IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa.

Adapun nama-nama penerima beasiswa tersebut adalah: Amiruddin, S.Pd.I, MA, Drs. Razali Mahmud, MM, Marhaban, MA (masing-masing mengambil program S-3 pada UIN Sumatera Utara).

Kemudian Habibi, ST (mengambil Program S-2 pada USU Medan), selanjutnya Zainal Abidin, S.Pd.I, MA, Sabaruddin, S.Pd.I, M.Si (keduanya mengambil program S-3 pada Universiti Pendidikan Sultan Idris UPSI Malaysia).

Mulyadi Nurdin menjelaskan bahwa pada tahun 2015 ini, jumlah beasiswa yang disediakan untuk dosen yang kuliah S-3 di Malaysia sebesar Rp66 Juta per orang per tahun, sedangkan yang kuliah S-3 di dalam negeri sebesar Rp41.700.000 setiap orang, sedangkan yang mengambil S-2 di dalam negeri Rp 40.810.000 per orang.

Biaya tersebut dipergunakan untuk keperluan biaya hidup dan biaya operasional, uang buku dan referensi, serta biaya SPP.

“Rektor juga menginginkan semua penerima beasiswa dapat menyelesaikan pendidikannya secepat mungkin, supaya masyarakat dapat menerima manfaat dari kehadiran mereka kembali di kampus IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa,” imbuh Mulyadi Nurdin.

Kepala Biro AUAK IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa, Drs. H. Ibnu Sa’dan, M.Pd mengatakan semua proses administrasi pencairan dana sudah selesai, dan semua biaya tersebut dikirim langsung ke rekening masing-masing penerima beasiswa. [Red]

To Top