internasional

Amerika Anggap Indonesia Penting Karena Pelihara Damai

ACEHTERKINI.COM | Konsul Amerika Serikat untuk Sumatera, Y. Robert Ewing mengatakan Amerika Serikat sangat ingin melakukan kerjasama untuk membangun infrastruktur di Indonesia.

Kata dia, Amerikan menilai sangat penting membangun kerjasama dengan Indoensia karena tingkat ekonominya satu triliun dollar AS dimana pasarnya kian menjadi penting bagi Amerika.

Negara demokrasi yang jumlah mayoritas muslim terbanyak menjadikan Indonesia sebuah negara yang terbesar dan terpenting di ASEAN.

Amerika Anggap Indonesia Penting Karena Pelihara Damai
Robert Ewing

“Apalagi Indonesia sebuah negara yang memegang peran penting dalam isu global seperti mencegah kekerasan ekstrim, perubahan iklim, mengatasi imigrasi dan meningkatkan kemampuan pemeliharaan perdamaian global,” kata Robert Ewing dalam keterangan tertulisnya kepada acehterkini, Rabu (2/12/2015).

Hal itu dikatakan Robert Ewing “Market Sounding of Indonesia’s Railway Infrastructure Projects ‎Ready-to-Offer” yang diadakan oleh BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal) dan Kementerian Transportasi RI, Rabu, di Palembang.

Amerika dan Indonesia telah memutuskan untuk meningkatkan kerjasama strategis antar kedua negara. “Perhatian terhadap pertanian dan industry besar akan menjadi konstribusi utama di Pulau Sumatera yang penduduknya berjumlah sekitar 55 juta jiwa ini,” kata Robert Ewing.

Dari sisi ekonomi dan bisnis, kami bekerja untuk mendukung operasi perusahaan AS di Sumatera. Kami juga bekerja dengan perusahaan AS yang prospektif.  “Kami senang dapat meneruskan kerjasama dengan Sumatera,” kata Robert Ewing singkat. [Ril]

To Top